Kunyit Mampu Obati Wasir, Begini Caranya…

Kunyit (anja)
Kunyit (anja)
Article top ad

MALANGVOICE – Kunyit selain digunakan sebagai bahan masakan, sering juga dijadikan bahan pengibatan herbal. Kunyit ternyata cukup efektif mengobati sakit ambeien atau wasir.

Seorang dokter di Jalan Arumba, dr Rahman Agus mengatakan, wasir dibedakan menjadi dua macam yaitu wasir internal biasanya timbul bersama pendarahan rektum tanpa rasa nyeri. Sedang wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus.

Dijelaskan, cara penggunaanya sendiri terbagi menjadi 2 yaitu dengan prosedur dalam dan cara prosedur luar.

Untuk prosedur dalam, siapkan 250gr Kunyit, 1 butir Ayam kampung, 1 sendok madu, dan perasan jeruk nipis secukupnya.

Caranya kupas kunyit, lalu cuci bersih kemudian parut dan peras tanpa ditambah air. Campur perasan kunyit dengan madu, perasan jeruk nipis dan kuning telur ayam kampung, lalu Aduk dan kemudian minum.

“Untuk hasil yang maksimal lakukan secara teratur sampai sembuh, disarankan ramuan tersebut diminum sebelum tidur,” paparnya.

Untuk prosedur luar, siapkan sepotong kunyit secukupnya, lalu uleg kunyit tersebut sampai halus atau bisa juga diparut sampai halus, lalu taruh diatas wadah kecil dan tambahkan sedikit air, lalu panaskan di atas kompor sampai sedikit mendidih, setelah itu angkat.

“Tunggu sampai ramuan agak sedikit hangat atau hangat-hangat kuku, ambil sedikit lalu tempelkan diatas anus yang terkena wasir tersebut. Disarankan cara ini dilakukan sebelum tidur saja,” tuturnya.

Agus menyarankan tidak terus menerus mengonsumsi kunyit. Jadi, jika lebih dari lima hari wasir masih menganggu, segera konsultasikan ke dokter.