Elcow, Alat Timbang Sapi Portable dengan Harga Terjangkau karya Mahasiswa UB

Tim pembuat Elcow saat menerima penghargaan di Malaysia (istimewa)
Tim pembuat Elcow saat menerima penghargaan di Malaysia (istimewa)

MALANGVOICE – Lima mahasiswa Universitas Brawijaya membuat alat timbang sapi yang bersifat portable, akurat, efektif, efisien dengan harga terjangkau bagi peternak.

Alat timbang yang diberi nama Electric Conductive Carbon Weigher atau ELCOW tersebut dibuat oleh Gusti Ayu Putu Marleni (Fapet), Angga Setiawan (Fapet), Joni Hendro (Fapet), Ryan Rama Putra (FT), dan Riko Andianto (Filkom).

Dibawah asuhan dosen Fakultas Pertenakan, Dr Ir Kuswati MS, mereka mengusung karya berjudul ‘Elcow (Electric Conductive Carbon Weigher) Rancang Bangun Alat Ukur Bobot Badan Sapi Otomatis dan Portabel Menggunakan Prinsip Konduktivitas Karbon’.

BNN Kota Malang

Elcow merupakan rancang bangun alat timbang sapi yang portable, akurat, efektif, efisien, dan harga terjangkau bagi peternak rakyat. Alat tersebut menggunakan prinsip konduktivitas karbon yang lebih mudah dan praktis sehingga mudah dibawa sesuai kebutuhan.

Gusti menjelaskan selama ini sarana dan prasarana penimbangan bobot sapi tidak diperhatikan yang menyebabkan peternak rakyat tidak mengetahui bobot badan sebenarnya.

Padahal penimbangan bobot badan sangat penting dilakukan secara periodik untuk mengetahui pertumbuhan ternak dan sebagai indikator keuntungan yang diperoleh peternak. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh belantik (middle man) untuk menentukan harga, namun disisi lain peternak sangat dirugikan.

Berdasarkan latar permasalahan tersebut, diharapkan dengan terciptanya ELCOW dapat membantu peternak memantau Pertambahan Bobot Badan Harian (PBBH) dan bobot akhir atau jual ternaknya.

Maka tidak ada lagi belantik yang memainkan harga pasaran sapi yang selama ini mendominasi tata niaga ternak. Sehingga keuntungan dan kesejahteraan peternak rakyat meningkat.

Mereka juga berharap dapat melakukan penjajakan bersama dinas peternakan untuk mengimplementasikan alat tersebut dan mengukuhkan hak paten serta melakukan produksi masal.

Elcow berhasil meraih Gold Medal, dalam ajang Malaysia Technology Expo (MTE) 2017. Bertempat di Putra World Trade Centre, Kuala Lumpur, Malaysia. Alat inj juga mendapat Special Award dari TIIAWA (Taiwan International Invention Award Winners Association).