Dosen Polimdo Tingkatkan Kapasitas Melalui Pelatihan Pelatihan dan Sertifikasi BIM 5D Aplikasi Cubicost di Polinema

Dosen Polimdo Tingkatkan Kapasitas Melalui Pelatihan Pelatihan dan Sertifikasi BIM 5D Aplikasi Cubicost di Polinema. (Istimewa)

MALANGVOICE – Beberapa dosen Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado (Polimdo) bersemangat mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi BIM 5D Aplikasi Cubicost yang diselenggarakan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang (Polinema).

Pelatihan ini digelar di Gedung Teknik Sipil Polinema.Kegiatan ini dilaksanakan selama 9 hari yaitu pada 25 Juni – 4 Juli 2024.

Pelatihan ini dibuka Wakil Direktur IV, Prof. Ratih Indri Hapsari, ST., MT., Ph.D. dan dihadiri oleh Ketua Jurusan Teknik Sipil dan dosen di Jurusan Teknik Sipil.

Baca Juga: Semester Pertama 2024, 70 Orang Direhab karena Narkoba

Antisipasi Kemarau Ekstrem, Petakan Keluarga Rentan dan Tambah Tandon Air

Dalam kesempatan tersebut, Wadir IV mengatakan dengan adanya pelatihan ini harapannya agar semakin banyak SDM khususnya di bidang konstruksi secara nasional agar lebih banyak yang tersertifikasi dan menggunakan teknologi-teknologi sipil.

“Kita ingin berperan tidak hanya untuk Mahasiswa tetapi juga untuk para dosen dan lebih luasnya lagi untuk para praktisi nantinya , jadi kalau semakin banyak Mahasiswa yang tersertifikasi, ataupun Dosen yang tersertifikasi maka kita bisa lebih show up kepada dunia eksternal dalam industry konstruksi bahwa kita dari Politeknik pun sudah bisa tersertifikasi,“ tegasnya.

Ketua Jurusan Teknik Sipil, M.Zenurianto, Sipl.Ing.Htl, M.Sc mengatakan, pelatihan ini dikhususkan untuk kegiatan peningkatan kompetensi dosen perguruan tinggi vokasi khusunya jurusan Teknik Sipil. Peserta kegiatan ini terdiri dosen Politeknik Negeri Manado (Polimdo) yang berjumlah 7 orang 2 orang diantaranya yaitu sudah pernah mengikuti training basic di Polinema.

“Saat ini beberapa peserta diupgrade menjadi trainer karena mereka juga ingin mendirikan ETC dari Glodon. Kami melayani juga Poltek yang lain karena kami sudah memiliki lisensi,” ungkapnya.

Polinema sendiri adalah salah satu ATC Tekla. Pelatihan ini adalah sasaran dari Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan teknologi digital mulai dari perencanaan sampai pengawasan yang terkontrol melalui aplikasi ini. Pelatihan ini juga untuk mendukung pelaksanaan infrastruktur di IKN. Kebutuhan tenaga kerja konstruksi di IKN yang bersertifikat masih belum cukup.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan peserta dari Polimdo, , Dr. Febriane Paulina Makalew ST., MUDD beliau mengatakan pelatihan yang nntinya akan diikuti di Polinema, dengan adanya pelatihan ini dosen dosen Polimdo dapat dilatih menjadi trainer untuk dosen , mahasiswa maupun masyarakat luas yang ingin belajar software Cubicost.

“Polinema mempunyai skema yang lengkap untuk pelatihan ini sehingga nantinya akan kami duplikasi untuk persiapan pembuatan Training Center di Politenik Negeri Manado,” ungkapnya.(der)