Dongkrak UMKM dan PAD, Pemkot Malang Gandeng Gojek dan Gopay

Dongkrak UMKM dan PAD, Pemkot Malang Kerjasama dengan Gojek dan Gopay. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melakukan kerjasama dengan Gojek dan Gopay. Penandatanganan MOU antara keduanya dilakukan di Ruang Rapat Walikota Malang pada Kamis, 14 Januari 2020.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan kerjasama itu dapat memudahkan masyarakat yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Khususnya dalam menggunakan e-money dan memasarkan produknya.

Dengan begitu, selain mampu memberikan pendapatan lebih kepada masyarakat. Dia juga berharap dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang.

“Goalnya adalah untuk mendapatkan income perkapita kita. Makanya, kami upayakan untuk memberikan literasi dan memfasilitasi masyarakat dalam memanfaatkan beberapa fasilitas di Gojek dan Gopay,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Sutiaji mengatakan kerjasama dengan PT. Dompet Anak Bangsa dan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa dapat mendongkrak dunia pariwisata di Kota Malang.

Karena, kerjasama itu difokuskan dalam peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat dengan menggunakan aplikasi Gojek dan Gopay.

“Ruang lingkupnya kan pengembangan pariwisata dan pembinaan kemampuan pelaku UMKM di Kota Malang melalui pelatihan dan fasilitasi pemasaran,” ujarnya.

Oleh karena itu, sumber daya dan potensi yang dimiliki masing-masing pihak diharapkannya dapat dimaksimalkan. Tentunya, kata dia, dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Malang dengan pemanfaatan teknologi tersebut.

Diketahui penandatanganan MoU tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah, Wasto, Inspektur Kota Malang, Abdul Malik, Kepala Bappeda, Dwi Rahayu dan Kepala Bapenda, Ade Herawanto.

Kemudian, Kadisporapar, Ida Ayu Made Wahyuni, Kadiskopindag, Wahyu Setiyanto, Kabag Pemerintahan, Fahmi Fauzan dan Kabag Humas, Nurwidianto juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.(der)