DLH Kota Batu Kerahkan 400 Personel Perbaiki Alun-Alun

Petugas DLH saat membersihkan Alun-alun Kota Batu
Petugas DLH saat membersihkan Alun-alun Kota Batu (Foto: istimewa)

MALANGVOICE – Membeludaknya wisatawan ke Kota Batu di libur lebaran tak hanya berdampak positif. Hal itu juga berdampak negatif dengan rusaknya beberapa fasilitas permaianan dan taman di Alun-Alun Kota Batu.

Oleh karena itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu mengerahkan 400 porsenel untuk memperbaikinya. Perbaikan itu dilakukan mulai Rabu (12/6) hingga beberapa hari ke depan.

“Mereka kami wajibkan bersih-bersih Alun-Alun dan taman di sekitarnya. Soalnya banyak fasilitas dan taman yang rusak,” ujarnya.

BNN Kota Malang

Dijelaskannya, beberapa fasilitas yang rusak di antaranya seperti play ground dan ayunan anak-anak. Sehingga, jika tidak diperbaiki justru bisa membahayakan.

“Tapi, kami cek juga. Jika rusaknya sudah tidak bisa digunakan. Kami akan menggantinya dengan fasilitas permainan yang baru,” ungkapnya.

Sedangkan rusaknya rumput dan bunga akibat di injak oleh wisatawan yang ingin berswafoto.

“Kalau rumput dan bunga di taman itu kami lakukan penanaman kembali,” sambungnya.

Selain itu, Arief menyampaikan pihaknya juga melakukan perbaikan saluran airnya. Karena airnya sering meluber ke areal pengunjung saat penyiraman.

“Bisa lihat sendiri kan. Kondisinya becek saat penyiraman,” terangnya.

Oleh sebab itu, selain untuk perawatan juga untuk menyambut masuknya sekolah.

“Harapannya nanti saat masuk sekolah. Alun-Alun Kota Batu sudah terlihat nyaman, bersih dan indah kembali,” harapnya.

“Kami juga akan kerja bakti Jumat (14/6) besok di Taman Bondas. Karena banyak di sana juga perlu dilakukan perbaikan usai libur lebaran ini,” tutupnya.

Sementara itu, menurut laporan data pusat informasi Alun-Alun Kota Batu. Ada sekitar 3.000-3.500 pengunjung setiap harinya saat libur lebaran.(Der/Aka)