Diskoperindag Ingin Vaksinasi Pedagang Diadakan di Pasar-pasar

Plt Diskoperindag Kota Malang, Wahyu Setiyanto, saat diwawancarai awak media beberapa waktu lalu, (Ist).

MALANGVOICE – Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang, menginginkan vaksinasi bagi pedagang di Kota Malang bisa diselenggarakan di pasar, Ahad (28/2/2021).

Hal tersebut bertujuan sebagai langkah antisipasi terjadinya kerumunan di Fasilitas Kesehatan (Fasyankes) yang dituju pedagang.

“Dari Dinkes langsung ke pasar-pasar. Kayaknya begitu. Kalau pedagang harus ke puskesmas, nanti tambah masalah atau terjadi kerumunan,” ungkap Plt Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setiyanto.

Dilanjutkan, dari 26 pasar yang ada di Kota Malang itu diperkirakan terdapat kurang lebih 8 ribu pedagang. Karena itu keputusan secara teknis nanti akan diserahkan secara penuh kepada dinas terkait.

“Untuk kelanjutannya kita tunggu petunjuk dinas kesehatan nanti seperti apa, perlu disortir atau tidak,” ujarnya.

Menurut Wahyu, untuk vaksinasi pedagang ini memang dirasa sangat penting karena komunikasi dan sosialisasi yang terjadi di tiap-tiap pasar itu memiliki potensi besar adanya penularan covid-19.

“Pedagang prioritas karena vaksin ini penting bagi mereka. Setiap hari mereka selalu bertemu dan bersosialisasi bersama dengan orang-orang yang rawan terpapar covid-19,” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi kepada, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni mengatakan masih fokus pada pelaksanaan vaksinasi tahap dua yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

“Saat ini kita masih melaksanakan vaksinasi yang sudah dijadwalkan kemarin,” paparnya.

Terkait keinginan vaksinasi pedagang diadakan langsung di pasar, Winarni belum bisa memberikan jawaban secara pasti.

“Saran kita perhatikan, dan akan kita tindak lanjuti, saat jadwal sudah akan kita laksanakan,” tandasnya.(end)

article bottom ad