Deretan Smartphone Paling Ditunggu di 2018, Pilih Mana?

Smartphone paling ditunggu di 2018. (Andro4all)
Smartphone paling ditunggu di 2018. (Andro4all)
Article top ad

MALANGVOICE – Akhir 2017, sudah banyak bocoran yang beredar soal lini-lini smartphone flaghsip yang akan meluncur sepanjang 2018. Smartphone 2018 diprediksi akan fokus dengan spec ‘jeroan’ chip Snapdragon 845 teranyar buatan Qualcomm.

Siap-siap rogoh kocek jika ingin membeli smartphone baru tahun depan. Pasalnya, dengan spek yang mumpuni bisa jadi harga ikut melambung.

Ini dia smartphone yang paling ditunggu-tunggu seperti yang dirangkum MVoice dari Phone Arena, Selasa (26/12).

1. Apple iPhone Xs, iPhone 8s, dan iPhone 8s Plus.

Banyak yang memprediksi generasi penerus iPhone X disematkan embel-embel “s” menjadi iPhone Xs. Menurut beberapa bocoran, desain dan ukurannya masih sama dengan iPhone X.

Yang membedakan adalah peningkatan pada sisi spesifikasi, sistem, dan performa kamera. Selain iPhone Xs, agaknya iPhone 8s dan iPhone 8s Plus juga akan menjadi primadona pada 2018 mendatang.

2. Samsung Galaxy S9 dan Galaxy Note 9

Galaxy S9 dan S9 Plus diharapkan meluncur pada kuartal pertama 2018, sekitar Februari atau Maret. Lantas Galaxy Note 9 digadang-gadang menyusul pada pengujung tahun. Menurut rumor yang beredar, Samsung bakal menyematkan pemindai sidik jari di bawah layar yang tak kasat mata. Selain itu, performa sistem secara keseluruhan akan lebih baik lagi.

3. Google Pixel 3 dan 3XL

Google Pixel secara instan merebut hati para pecinta Android. Ada beberapa peningkatan yang diharapkan tertera pada generasi ketiga lini Google Pixel, antara lain komponen layar, baterai, kamera, serta kemampuan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) pada fitur-fitur bawaannya.

4. OnePlus 6 dan 6T

Sekitar empat tahun berkutat di industri smartphone, OnePlus telah berkembang pesat ditilik dari lini yang diluncurkan. Pada 2017, OnePlus 5 dan OnePlus 5T sudah mulai matang dari segi desain dan performa.

Pada 2018, OnePlus 6 dan 6T diharapkan mampu menghadirkan kemampuan kamera yang lebih baik dengan sistem antarmuka Oxygen OS yang lebih efisien dan stabil.

5. LG G7 dan LG V40

Sepanjang 2017, LG telah meluncurkan seri-seri yang mengagumkan, yakni LG V30 dan LG G6. Penerus dua lini tersebut, LG V40 dan LG G7, diharapkan akan menawarkan fitur-fitur baru yang lebih inovatif dengan pertahanan performa yang sama garangnya.

6. HTC U12

HTC U11 menunjukkan idealisme HTC dalam menciptakan smartphone berkualitas di tengah pertumbuhan bisnis yang melambat. Pada 2018 nanti, HTC U12 diharapkan menghadirkan desain layar edge-to-edge, kamera yang lebih baik, serta antarmuka yang lebih mumpuni.

7. Essential Phone 2

Bapak Android, Andy Rubin, membuat startup pada 2017 untuk merilis smartphone yang benar-benar esensial di bawah merek “Essential”. Smartphone perdananya bisa dibilang terlampau mahal, dengan software yang kurang stabil dan kamera kalah saing.

Banyaknya kritik yang masuk membuat performa Essential makin baik dengan beberapa update yang dirilis secara berkala selama beberapa bulan. Harganya pun dipotong menjadi 500 dollar AS atau sekitar Rp 6 jutaan. Untuk 2018, semestinya Essential Phone 2 belajar dari pengalaman dan menjadi lebih baik lagi.

8. Moto Z3 Force

Merek Motorola di bawah naungan Lenovo berhasil menciptakan seri-seri smartphone yang berhasil di pasaran dan menyasar semua segmen. Ada seri G untuk kelas low-end, seri X untuk kelas menengah, dan seri Z untuk kelas premium.

Menyambut 2018, yang paling dinanti dari Motorola adalah Moto Z3 Force. Kabarnya ada dua kekuatan yang akan menyertainya, yakni tampilan unik “ShatterShield” dan kemampuan modular add-on.

9. Huawei P11 dan Mate11

Huawei memiliki dua seri andalan, sama halnya dengan Samsung. Kedunaya adalah seri P dan seri Mate. Pada 2018, Huawei P11 diharapkan membawa tampilan edge-to-edge dengan pengembangan AI yang lebih cakap, serta mematrikan prosesor Kirin buatan sendiri yang lebih garang.

10. Nokia 9

HMD Global membawa kembali brand Nokia dengan beberapa seri pada 2017. Ke depan, flagship Nokia 9 diharapkan menawarkan fitur dan performa yang lebih baik, utamanya dari segi kamera dengan optik Zeiss.

11. Xiaomi Mi Mix 3

Xiaomi dikabarkan berencana mengekspansi bisnis smartphone ke Amerika Serikat. Salah satu yang akan diandalkan adalah flagship Mi Mix. Seri tersebut bisa dibilang sebagai pemula tren layar bezel-less pada 2016.

Tahun 2018, Mi Mix 3 diharapkan akan menyempurnakan Mi Mix 2 dari segi material, desain, performa, serta kamera.

12. Sony Xperia XZ Premium (2018)

Sony unjuk gigi melalui Zperia XZ Premium pada 2017. Smartphone tersebut yang pertama kali menghadirkan resolusi 4K pada layar LCD 5,5 inci. Diharapkan penerusnya untuk 2018 akan menghadirkan layar berkualitas sama pada tampilan edge-to-edge.(Der/Ak)