Bunbin Diminta Rawat Hewan Terdampak Kebakaran Hutan

Ketua PKBSI, Rahmad Shah (kanan), mendampingi Menteri LH dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar di Batu Secret Zoo. (fathul)

MALANGVOICE – Ketua Perhimpunan Kebun Binatang Indonesia (PKBSI), Rahmat Shah, meminta pemerintah menyelamatkan satwa yang terancam kematian gara-gara kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan.

Hal itu ia sampaikan dalam Rakernas Kebun Binatang (Bunbin) di Batu Secret Zoo, Kota Batu, siang tadi. Pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri untuk mengatasi masalah keberadaan satwa itu.

“Satwa ini sebaiknya diselamatkan terlebih dulu dengan menitipkannya ke sejumlah lembaga konservasi. Setelah normal, barulah satwa dikembalikan ke habitatnya,” ungkap Rahmat kepada wartawan.

BNN Kota Malang

Menurutnya, kebakaran hutan dan lahan bukanlah semata kehilangan hutan, melainkan berdampak luas terhadap keutuhan hayati, cadangan pangan, obat-obatan alami, serta hilangnya spesies tumbuhan satwa.

Dia juga diminta Presiden Joko Widodo untuk melindungi badak dan burung berkicau (songbird) yang terancam punah di Indonesia. Rahmat berjanji akan menindaklanjuti berdasarkan kriteria terukur dan kajian teknis oleh tim ahli. Rahmat menyebut, kedua spesies itu menjadi prioritas utama dalam program penyelematan.

“Spesies yang harus dilindungi pertama adalah Badak Jawa dan Badak Sumatera. Lalu burung-burung berkicau karena dikhawatirkan Indonesia akan kehilangan spesies ini,” tandasnya.