BMKG Prediksi Puncak Musim Kemarau di Bulan Agustus

Keadaan di musim kemarau di wilayah kecamatan Kepanjen. (Toski)
Keadaan di musim kemarau di wilayah kecamatan Kepanjen. (Toski)

MALANGVOICE – BMKG Stasiun Klimatologi Karangploso Kabupaten Malang memperkirakan bulan Agustus merupakan puncak musim kemarau yang disertai dengan suhu dingin.

Analis dan Prakirawan Cuaca BMKG Karangploso Kabupaten Malang Anung Suprayitno mengatakan, di musim kemarau ini suhu dingin bisa mencapai 11 derajat celcius untuk wilayah Malang Raya.

“Berdasarkan catatan kami, beberapa hari ini suhu terendah tercatat hingga 16 derajat celsius. Tapi, diawal bulan Juli lalu suhu terendah mencapai 14 derajat celsius. Seharusnya saat ini, sudah di bawahnya,” ungkapnya.

BNN Kota Malang

Jika dilihat dari penurunan suhu saat ini, lanjut Anung, kemungkinan bisa menurunkan hingga mencapai suhu 11 derajat celcius. Hal ini, berdasarkan pengamatan yang pada kondisi terdahulu pernah terjadi pada tahun 1994. Kala itu pada puncak kemarau suhu berada pada 11 derajat celcius.

“Kami berasumsi, suhu bakal menurun. Tapi, dari tahun 1994 hingga 2019 ini belum terulang lagi yang dinginnya sampai 11 derajat,” jelasnya.

Untuk itu, tambah Anung, pihaknya mengimbau kepada masyarakat supaya mawas diri terhadap suhu dingin, dan menjaga kondisi kesehatan.

“Menuju puncak musim kemarau suhu bisa turun lagi, mohon waspada. Jika di malam hari masyarakat diimbau memakai baju tebal sebagai langkah preventif untuk menangkal resiko kedinginan,” pungkasnya. (Hmz/Ulm)