Berusia Dua Abad, Ini Masjid Tertua di Kota Batu

Masjid Jami Al Muchlisin yang terletak di Jalan Lahor, Desa Pesanggrahan Kota Batu, Minggu (12/5). (Foto: Ayun/MVoice)

MALANGVOICE – Masjid Jami Al Muchlisin yang terletak di Jalan Lahor, Desa Pesanggrahan Kota Batu merupakan masjid tertua di Kota Batu. Tempat ibadah umat muslim ini sudah berusia sekitar dua abad. Dan masjid ini dibangun pertama kali oleh KH. Zakaria tahun 1827.

Pengasuh Pesantren Rakyat Kota Batu, Ulul Azmi mengatakan jika masjid ini merupakan saksi bisu menyebaran agama islam di Kota Batu yang akrab dijuluki ‘De Kleine Zwitserland’.

“Masjid Jami Al Muchlisin dulunya berupa joglo dan bentuknya pun sama seperti kebanyakan masjid di Demak,” ujarnya kepada MVoice

BNN Kota Malang

“Ciri khas masjidnya memiliki beberapa tiang penyangga,” imbuhnya

Lebih lanjut Azmi mengatakan jika masjid itu menjadi media penyebaran Islam di kawasan Batu. Pada saat itu, Islam memang belum menjadi agama mayoritas di kawasan tersebut.

Azmi menyatakan, saat ini bangunan masjid memang sudah tidak lagi seperti saat pertama kali didirikan.

”Memang banyak perubahannya. Apalagi, masjid itu sudah direnovasi sebanyak empat kali,” beber pria yang juga kepala MI Darul Ulum itu.

Dia memaparkan, empat kali renovasi tersebut terjadi mulai 1950-an. Kemudian dilanjutkan pada 1980-an. Namun, dua kali renovasi belum mengubah bentuk masjid secara total.(Der/Aka)