Berkat Emak-Emak, Bandungrejosari Sabet Kelurahan Tangguh Bencana Terbaik Jawa Timur

(Humas Pemkot Malang)
(Humas Pemkot Malang)

MALANGVOICE – Kota Malang kembali menorehkan prestasi membanggakan. Teranyar, Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Pratama sukses diraih Kelurahan Bandungrejosari.

Penghargaan ini diraih usai memenangi lomba Kelurahan/Desa Tangguh Bencana Provinsi Jawa Timur Tahun 2018. Berdasarkan Surat Gubernur Nomor 188/532/KPTS/013/2018 Tanggal 1 Oktober 2018. Kelurahan Bandungrejosari dianggap paling terbaik dalam bidang partisipasi dan pengembangan kapasitas dalam koridor tanggap bencana.

Piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo diberikan langsung oleh Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Subhan Wahyudiono.

BNN Kota Malang

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Try Oky mengatakan, Kelurahan Bandungrejosari ditetapkan sebagai pemenang karena mengumpulkan skor tertinggi. Tolok ukur penilaiannya, partisipasi aktif masyarakat yang disertai dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam membentuk kelurahan tangguh bencana.

“Tim penilai terkesan dengan antusias dan kesigapan dari program kami emak-emak tangguh saat simulasi bencana. Selain itu kelengkapan administrasi di Kelurahan Bandungrejosari juga dianggap yang terbaik,” kata Try Oky.

Prestasi tingkat Pratama ini, lanjut dia, membuat BPBD Kota Malang termotivasi. Terutama terus meningkatkan kapasitas dan kesigapan warga. Sehingga Kelurahan Bandungrejosari dapat ikut dalam partisipasi di tingkat madya pada tahun depan.

“Kami mohon doanya semoga Kelurahan Bandungrejosari bisa ikut pada lomba tingkat Madya dan memenangkannya,” ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Malang, Sutiaji mengapresiasi torehan prestasi Kelurahan Bandungrejosari yang mampu menjadi kelurahan terbaik bidang tangguh bencana se-Jawa Timur.

“Tentu prestasi ini menjadi semangat bersama agar terus ditingkatkan di masa mendatang,” kata Sutiaji.

Tidak sampai di itu saja, Sutiaji berharap semua kelurahan di Kota Malang mencontoh Kelurahan Bendungrejosari. Agar mampu menjadi kelurahan tangguh bencana dan masyarakat bisa turut serta dalam peningkatan kapasitas untuk tangguh bencana.(Der/Ak)