Belum Pernah ke Bioskop, Baca Ini!

Pertama kali ke bioskop. (playbuzz.com)

MALANGVOICE – Di kota-kota besar, tidak jarang gedung bioskop bisa ditemui. Di Indonesia, mayoritas tergabung dalam jaringan bioskop 21. Selain itu, ada bioskop-bioskop lokal lainnya. Di Malang, bioskop Cinema 21 adalah satu-satunya yang menyediakan tontonan bioskop. Cinema 21 dapat ditemui di mall-mall di Malang seperti Matos, Dieng Plaza, atau di Malang Plasa.

Buat Anda yang orang baru di Malang dan ingin menonton bioskop tapi belum pernah nonton bioskop, artikel ini wajib dibaca.

1. Datang lebih awal.
Jika belum membeli tiket, datanglah ke bioskop lebih awal. Anda juga bisa memesan tiket sehari sebelumnya melalui website bioskop. Ini berguna, agar anda juga tidak telat masuk ke gedung bioskop. sayang khan kalau nonton filmnya tidak lengkap. Datang telat juga mengganggu penonton lain.

BNN Kota Malang

2. Sudah memutuskan apa yang mau ditonton.
Biasanya resepsionis akan bertanya, “Mau nonton apa”. Jangan mikir kelamaan dan plin-plan, karena akan membuat antrian jadi panjang, petugas jadi bingung. Pilih sesuai keinginan dan pas dihati.

3. Menentukan kursi duduk.
Pertanyaan ini sedikit menyita waktu, karena anda harus memilih-milih tempat duduk dahulu. Pada dasarnya kursi duduk dibagi menjadi atas, tengah dan bawah. Jika menonton di atas akan merasa nyaman-nayaman saja jika mata masih bisa melihat dengan jelas, tapi menjadi masalah bagi penderita mata minus.

Duduk di tengah dianggap paling pas bagi kebanyakan orang. Yang paling tidak enak itu duduk di depan karena leher pegal-pegal dan mata bakal kering dan perih karena harus ‘dongak’ ke atas. Nonton di pojokan atau terlalu ke kanan dan kekiri sedikit menyiksa karena anda juga harus nengok untuk nonton filmnya.

Perlu diingat, mau duduk dikursi manapun harganya sama, oleh karena itu pilih bangku sesuai kebutuhan dan keinginan.

4. Ke toilet.
Sebelum nonton, sebaiknya anda ke toilet dulu. Karena ruangannya ber-AC, maklum kalau orang indonesia biasanya tidak biasa sama udara dingin pasti jadi kebelet pipis nanti. Agar tidak membuat anda bolak-balik toilet juga ketika film sudah dimulai.

5. Jangan salah masuk studio.
Setelah aba-aba, ” Pintu teater sekian telah dibuka, kepada penonton yang telah memiliki karcis dipersilahkan memasuki ruang teater”. Lihat kembali tiket anda, terdapat tulisan no Studio/ Teater, datanglah ke pintu teater tersebut dan serahkan karcis kepada petugas di depan pintu teater.

Anggaplah sekarang film sudah dimulai, penulis merangkum beberapa aturan yang dilarang di bioskop atau yang mengganggu penonton lainnya

1. Meletakkan kaki di atas bangku penonton di depan kita. Hukumannya bisa disuruh keluar dari bioskop
2. Berbicara keras-keras di dalam studio bioskop
3. Mengunyah dengan mengeluarkan bunyi cap-cap-cap
4. Minum hingga keluar suara “slurrrtttt~”
5. Buang gas di dalam ruangan
6. Jalan-jalan di dalam ruangan tapi cuma buat meluruskan kaki saja
7. Berdiri karena lelah duduk
8. Memainkan telepon genggam
9. Merekam film. Ini namanya pembajakan.
10. Merokok di dalam ruangan
11. Menjadi peramal karena sudah hapal isi film.
12. Meludah dan membuang permen karet di sembarang tempat
13. Menjaili penonton lainnya
14. Melempar-lempar barang apalagi sampah ke arah yang salah
15. Tertawa di bagian yang tidak lucu
16. Tidur mendengkur

Selain larangan ada juga hal-hal yang ternyata boleh dilakukan di bioskop
1. Keluar buat pipis dan balik lagi
2. Keluar buat membeli makanan
3. Keluar karena tidak bisa melanjutkan acara

Nah, bagi Anda yang ingin menonton bioskop dan melihat jam tayang serta harga tiket. Mampir saja ke website bioskop itu. Kalau di Malang, silahkan mampir ke www.21cineplex.com