Ajukan 10.556 Vaksin, Dinkes Pemkab Malang Siapkan Vaksinator

Kepala Dinad Kesehatan Pemkab Malang, Arbani Mukti Wibowo. (Toski D)
Article top ad

MALANGVOICE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tengah mempersiapkan petugas vaksin (Vaksinator) melalui On Job Training daring yang akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Januari 2021 hingga 20 Januari 2021.

“Jadi kami persiapkan dulu Sumber Daya Manusia (SDM) nya, sebelum vaksinnya datang,” ungkap Kepala Dinkes Pemkab Malang, Arbani Mukti Wibowo, saat ditemui awak media, usai talkshow sosialisasi vaksin di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim, no.7, Kota Malang, Selasa (2/1).

Menurut Arbani, saat ini Dinkes Pemkab Malang telah mengajukan sebanyak 10.556 vaksin yang rencananya akan didistribusikan dengan 2 tahap dan akan diberikan kepada Nakes.

“Memang jumlah vaksin yang akan datang masih simpang siur. Tapi, kami sudah mengajukan usulan ke pusat sebesar 5.278 untuk Nakes itupun ada 2 tahapan dosis yakni tahapan suntik awal dan booster, jadi total kebutuhannya 10.556 vaksin, dan berdasarkan yang didapat yang tersedia sekitar 8000 an,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Arbani, Dinkes Pemkab Malang telah menyediakan 16 kulkas besar di gudang vaksin untuk menyimpan vaksin tersebut.

“Untuk kendaraan pendistribusian vaksin, kami sudah memiliki, ya dengan kulkas didalamnya dan kebetulan di Jawa Timur hanya 10 Kabupaten/Kota saja yang mempunyai armada seperti ini,” terangnya.

Sebab, tambah Arbani, Vaksin Covid-19 ini harus disimpan dalam suhu 2 Drajat Celcius.

“tempat penyimpanan vaksin (Cool Storage) sendiri sudah kami siapkan, termasuk di seluruh Rumah sakit sudah ada,” pungkasnya.(der)