Rel Putus, Warga Ciptomulyo Hentikan Kereta Api

Perbaikan rel yang putus di Ciptomulyo. (istimewa)

MALANGVOICE – Warga Ciptomulyo, Sukun, Kota Malang, menghadang kereta api Matarmaja jurusan Jakarta-Malang, Selasa (12/12) pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Aksi itu dipicu lantaran adanya rel kereta api yang putus di RT 14/RW 1.

Warga menghentikan kereta api yang hendak melintas dengan mengibarkan bendera dan berteriak kepada masinis. “Ada bendera merah yang dikibarkan agar kereta berhenti,” kata salah satu warga, Kamto, saat ditanyai wartawan.

Beruntung kereta api tersebut bisa berhenti sebelum melewati rel yang putus tersebut. Tak lama, petugas KAI datang ke lokasi dan membetulkan rel agar bisa dilintasi.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, mengatakan, atas laporan warga pihaknya segera datang ke lokasi dan melakukan pembenahan. “Sudah dipasang plat penyambung agar bisa dilewati. Tadi sekitar pukul 08.40 WIB sudah bisa digunakan lagi. Tidak ada perjalanan yang terhambat,” katanya saat dihubungi Mvoice.

Menurutnya, putusnya rel bisa diakibatkan banyak hal. Antara lain ausnya rel dan terlalu banyak kereta yang mengerem di kawasan tersebut. Pihaknya, kata Gatut, masih akan menganalisa rel tersebut apakah akan diganti atau hanya diperbaiki saja.

“Nunggu analisa lebih lanjut nanti diganti atau tidak. Tapi sementara bisa dilewati dengan kecepatan 5 km/jam,” tandasnya.(Der/Yei)