XL Raih Indonesia Digital Services Provider of The Year 2015

General Manager Cloud & Business Innovation Digital Service XL, Arkav Juliandri, (kanan), menerima penghargaan Indonesia Digital Service Provider of The Year. (istimewa)

MALANGVOICE – PT XL Axiata (XL) meraih penghargaan Indonesia Digital Service Provider of The Year di ajang Frost & Sullivan 2015 yang diserahkan dalam resepsi di Jakarta.

Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards 2015 merupakan penghargaan bergengsi tahunan yang diselenggarakan salah satu konsultan dunia asal Amerika Serikat, Frost & Sullivan.

Penghargaan itu didasari kinerja dan prestasi dari segi pertumbuhan bisnis, pengembangan strategi bisnis, produk, inovasi teknologi, dan pelayanan pelanggan .

Selain itu kepemimpinan dalam menjalankan usaha melalui perbandingan dengan pemain pasar di sektor usaha yang serupa. Penilaian dilakukan melalui wawancara, riset dan analisis mengenai perusahaan.

Direktur/Chief Digital Service XL, Ongki Kurniawan, mengatakan penghargaan yang diserahkan Kamis (1/10), diraih XL kali kedua. “Penghargaan itu merupakan prestasi dan apresiasi atas kerja keras seluruh tim selama ini.,” katanya.

Setelah sukses meraih prestasi, pihaknya akan lebih banyak melahirkan layanan digital inovatif dan menjawab kebutuhan masyarakat di berbagai bidang.

Dikatakan, berbagai produk berbasis layanan digital XL dalam setahun terakhir antara lain aplikasi untuk nelayan “mFish”, layanan untuk pemberdayaan dan produktivitas perempuan “Sisternet’, XmartVillage dan XmartCity di Lombok, Kamojang, Kabupaten Bandung, dan Yogyakarta.

Di Lombok, XL membantu pemerintah daerah membangun sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor menggunakan XL Tunai. Sementara, untuk XmartVillage di Kamojang, XL membantu warga membangun layanan digital guna keperluan konservasi.

Selain itu, XL memiliki produk layanan digital untuk membantu UKM dan usahawan, di antaranya M-Ads yang merupakan layanan mobile advertising yang menyediakan layanan LBA ( location based advertising ) dan reklamedium ( medium untuk penempatan sebuah iklan ) serta solusi Xcloud Usahawan yang membantu UKM dapat lebih efektif memasarkan produknya melalui sarana digital, selain juga dapat menyimpan data secara aman.

Masih terkait produk layanan data digital, XL terus melahirkan layanan inovatif berbasis Internet of Thing (IoT). Layanan tersebut antara lain Listrik Pintar, Yu Box, XL Pay Point, layanan “Enterprise” dengan 4 solusi supply chain, layanan Multi Carrier VPN Access yang menyediakan trafik data pelanggan secara akurat juga stabilitas konektivitas dan layanan data center di Pekanbaru.