Limbah Medis Dibuang Sembarangan di Pinggir Jalan, Tim Kesehatan dan Polisi Turun Tangan

MALANGVOICE – Limbah medis dibuang sembarangan di pinggir jalan membuat warga resah. Pemandangan tak biasa itu berada di jalan terusan yang menghubungkan antara Jalan Simpang Megamendung dan Raya Tidar, kawasan Sukun, Kota Malang.

Tumpukan sampah medis berupa suntik bekas, tabung botol kecil, kardus berwarna kuning dengan logo biohazard, dan sarung tangan.

Salah satu warga, Surya Elang, mengatakan, lokasi tumpukan sampah medis itu bercampur dengan rosokan bangunan.

Padahal enam meter dari lokasi penemuan limbah medis telah terpasang papan larangan membuang sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang.

“Awalnya tahu itu jam 12an, menyayangkan kejadian ini dan sudah ada papan yang melarang untuk buang sampah di sini, apalagi ini sampah medis,” kata Surya, Rabu (23/10).

Menurutnya limbah medis dibuang sembarangan seperti itu sangat berbahaya. Apalagi terlihat masih ada bekas darah di beberapa suntik.

Sampai siang tadi, petugas kepolisian yang mendapat laporan senpat menuju ke lokasi. Beberapa waktu kemudian disusul anggota dari Puskesmas Mulyorejo, Sukun dan DLH Kota Malang.

Kepala Puskesmas Mulyorejo dr Helmie Wibisono, mengatakan, sampah dari limbah medis itu merupakan bekas pakai.

Hal itu terlihat dari beberapa tabung sampel dan suntikan yang di dalamnya terdapat darah dalam kondisi belum membeku.

Tak hanya itu, pihaknya menemukan adanya beberapa kapas yang terdapat noda darah.

“Kami menduga hari ini dibuangnya, karena yang kami temukan ada darah di alat suntik masih baru dan belum beku. Kemungkinan masih belum sampai enam jam,” ucapnya.

Menurutnya, sesuai aturan limbah medis harus dibuang di tempat khusus. Ia sendiri masih perlu berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengecek siapa pelaku pembuangan limbah sembarangan itu.

“Ini sangat berbahaya, posisi darah banyak sekali sehingga bisa memberikan masalah serius. Kami amankan di puskesmas dan disimpan di gudang limbah B3, perkiraannya lebih dari tiga kilogram,” tandasnya.

Setelah dilakukan pengecekan, petugas langsung memasukkan limbah medis itu ke plastik khusus dan dibawa tempat pembuangan semestinya.(der)

spot_img

Berita Terkini

Arikel Terkait