Sebulan Menjelang Ramadan, Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Meroket

Salah satu pedagang bawang di Pasar Besar Kota Batu (Foto: Ayun)

MALANGVOICE – Dalam sepekan ini harga bawang merah makin meroket. Meroketnya harga bawang merah di Kota Batu akibat saat ini sedang musim tanam. Sehingga pertumbuhannya tidak sampai umur yang matang.

Weni (59) salah seorang pedagang di Pasar Sayur Kota Batu, mengaku sejak lima hari ini harga bawang merah memang mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 24 ribu per kilogran.

Ia juga menjelaskan jika harga sebelumnya yakni Rp 10 ribu per kilogram.

“Ya, memang bawang merah sudah lima hari ini naik mencapai Rp 24 ribu per kilonya, itu yang bersih ya. Sedangkan yang masih nempel dengan kulit dan banyak sampahnya itu Rp 18 ribu sampai Rp 20 ribu,” ujarnya kepada MVoice

“Bawang putih juga naik mbak, sekarang Rp 26 ribu,” imbuhnya penjual asal Pujon itu

Weni mengaku kenaikan harga bawang-bawangan ini baru dirasakannya minggu ini. Namun, karena kenaikan harga bawang merah ini sangat fantastis hingga dirinya mulai merasakan keluhan dari sejumlah pembeli.

“Memang sudah biasa, kalau menjelang bulan puasa harga barang pasti pada naik. Tapi kan ini masih lama tapi sudah pada naik,” tukasnya.

Menurutnya, harga bawang merah itu akan relatif kembali stabil jika musim panen raya. Hal itu diperkirakan bulan April mendatang. (Hmz/ulm)