Kadindik Serius Pantau Kinerja 237 Guru ASN Terpilih

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah. (Lisdya)

MALANGVOICE – Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah, menegaskan akan terus mengawasi langsung kinerja para guru yang telah diterima menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebanyak 237 ASN guru yang telah diterima tersebut, dikatakan Zubaidah nantinya langsung ke posisi tugasnya sesuai dengan SK masing-masing.

“Karena sesuai pengarahan BKD. Kami akan terus pantau, apakah guru tersebut sesuai dengan posisinya,” katanya saat ditemui di Gedung Student Center SMKN 2 Malang, Jumat (8/3).

Para guru tersebut nantinya, akan mengabdikan diri di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Yang paling banyak nanti ngajar di SD,” tambahnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku masih membutuhkan tenaga guru, terutama guru kelas, mengingat jumlah kelompok belajar di sekolah-sekolah masih banyak.

“Guru kelas itu masih kurang, yang banyak itu SD. Selain lembaga, juga rombongan belajar yang banyak, tidak hanya satu mainkan bisa dua dan tiga. Itulah kenapa jumlah guru masih kurang,” tegasnya.

Tak hanya itu, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang sudah mendaftar pun belum memenuhi kuota. Menurutnya, dari kuota 200, yang terpenuhi hanya 101. Tentu hal ini banyak faktor yang memengaruhinya.

“Banyak faktor, mereka ada yang ikut CPNS, ada yang meninggal, macem-macem. Rata-rata mereka, kan, sudah hampir 50-an, bahkan bisa lebih,” paparnya.

Ia pun berharap, para guru terpilih tersebut bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal ini disebabkan mereka sudah menerima gaji bulan ini. “Sebab, mereka sudah menerima gaji, jadi tidak ada alasan untuk tidak segera melaksanakan tugas,” tandasnya.