Mudik Gratis, Dishub Kota Malang Siapkan 19 Armada Bus

Pemerintah Kota Malang berangkatkan 901 pemudik dalam program mudik gratis. (Istimewa)

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Malang pada hari ini, Jum’at (8/6) pagi tadi memberangkatkan 901 pemudik.

Seluruh pemudik diangkut 19 armada bus yang disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang dengan jumlah total 949 seat. 19 armada bus itu terdiri dari 13 armada bus Medali Emas, 3 Bus Restu, dan 3 bus Pelita Mas.

Kepala Dishub Kota Malang, Kusnadi, mengatakan dari 19 bus itu, Pemkot Malang menyediakan 9 bus dan selebihnya merupakan bantuan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

“Ada 9 jurusan kota di Provinsi Jawa Timur yang menjadi tujuan mudik kali ini,” kata Kusnadi.

Baca Juga: 901 Peserta Mudik Bareng Ladub dari Balai Kota Malang

Adapun jumlah jurusan mudik gratis tahun ini terdapat 9 jurusan kota di Provinsi Jawa Timur, terdiri dari Malang – sumenep pp sejunlah 4 unit bus, dengan kapasitas 43 seat; Malang – pamekasan pp, sejumlah 2 unit bus, dengan kapasitas 55 seat; Malang-bojonegoro pp, sejumlah 4 unit bus, dengan kapasitas 43 seat dan 55 seat; Malang – ngawi pp, sejumlah 2 unit bus, dengan kapasitas 55 seat; Malang – ponorogo pp, sejumlah 1 unit bus dengan kapasitas 55 seat.

“Untuk tahun ini, peserta mudik gratis mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2017. Dari 82 persen menjadi 94 persen,” tukas Kusnadi.

Sebelumnya, masyarakat mendaftar mudik gratis ini dimulai sejak tanggal 14 Mei hingga 6 Juni 2018, di Kantor Dinas Perhubungan maupun melalui media online website Pemerintah Kota Malang, website Dinas Perhubungan Kota Malang dan Dinas Kominfo serta melalui media cetak dan elektronik. (Der/Ery)