Kota Malang ‘Incipi’ Mobil Tangga Pemadam Milik Kota Batu

Suasana studi banding Kota Malang mencoba Mobil Tangga Pemadam Kebakaran milik Dinas Penanggulangn Kebakaran (DPK) Kota Batu, Kamis (13/4). (Aziz / MVoice)

MALANGVOICE – Mobil Tangga Pemadam Kebakaran milik Kota Batu rupanya bikin iri Kota Malang. Berencana pengadaan mobil tersebut, UPT Damkar Satpol PP Kota Malang studi banding, Kamis (12/4).

Selain Kota Malang turut serta dalam agenda tersebut perwakilan Kabupaten Jember. Peserta studi banding tampak serius menjajal setiap detail mobil dengan anggaran APBD Rp 9 miliar itu di Halaman Balai Kota Among Tani.

Tahun ini rencananya Pemkot Malang pengadaan mobil tangga pemadam sejenis milik Pemkot Batu. Ini seiring Kota Malang telah berdiri gedung -gedung tinggi, hingga 15 lantai.

“Rencananya tahun ini kami akan memiliki mobil tangga pemadam kebakaran. Karena selama ini Kota Malang belum punya mobil tangga,” kata Jose Bello, Kepala UPT Damkar Satpol PP Kota Malang.

Meski baru rencana, lanjut Bello, perlu ada pelatihan dahulu untuk menguasai teknis operasional mobil. UPT Damkar Satpol PP Kota Malang juga akan menggelar pelatihan di gedung tertinggi.

“Kami bersama PMK Malang Raya sering koordinasi, sehingga saling membantu. Tidak hanya tenaga tapi juga berbagi ilmu,” sambung Jose Bello kepada MVoice.

Tidak hanya bisa mengoperasikan mobil tangga, tetapi penting pula persiapan. Yang akan bertanggungjawab atau mengambil kendali ada delapan orang, juga dipersiapkan untuk sertifikasi.

“Nanti tidak hanya sekedar punya mobil, mereka yang mengoperasikan sudah punya sertifikasinya,” tutupnya.(Der/Ery)