UM Tekankan Nilai Kejujuran Sekolah Saat SNMPTN

0
85
Peserta sosialisasi SNMPTN di UM
Peserta sosialisasi SNMPTN di UM (anja)

MALANGVOICE – Melalui sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, Universitas Negeri Malang (UM) mengajak 200 guru BK (Bimbingan Konseling) dari sekolah di Jawa Timur agar mengutamakan nilai kejujuran dalam pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) nanti.

Wakil Rektor 1 UM, Prof Dr Hariyono Mpd, menyampaikan, SNMPTN tahun ini tidak berbasis pada tes tulis saja, tetapi pada portofolio yang berisikan track atau rekaman penilaian siswa selama di sekolah.

“Kita berasumsi bahwa dokumen mereka bisa dipercaya. Tapi kita juga menyadari, seringkali pihak sekolah tidak memberikan nilai berdasarkan kondisi real siswa, ” katanya kepada MVoice.

Ia menambahkan, pihak UM telah melakukan evaluasi kecenderungan prestasi dari masing-masing sekolah. Hal tersebut bisa dilihat setelah peserta SNMPTN sudah menjadi mahasiswa.

“Itu kita lihat, di sekolahnya sama-sama dapat nilai 8 kok kemampuannya berbeda, ” katanya

Dalam sosialisasi, pihak UM juga memberikan himbauan pada guru untuk bisa mengarahkan siswa agar memilih prodi sesuai dengan keinginan.

” Jangan sekadar coba-coba saja, ” kata Hariyono.

Selebihnya, sosialisasi hari ini membahas tuntas teknis pelaksanaan SNMPTN mulai dari kuota, pendaftaran hingga verifikasi.