Meningkatkan Minat Baca, SDN 01 Ngaglik Dilengkapi Digital Library

0
48
Suasana perpustakaan SDN 01 Ngaglik, Kota Batu.(istimewa)

MALANGVOICE – Demi meningkatkan minat baca para siswa, SDN 01 Ngaglik, Kota Batu, berencana membangun perpustakaan modern berbasis digital digital.

Perpustakaan konvensional akan berubah menjadi digital library, agar memudahkan siswa untuk membaca. Menurut salah satu guru kelas V, Helmina Mauludiyah (37), perputakaan di sekolahnya sudah dikelola dengan baik sejak awal, dan koleksi bukunya cukup banyak, hingga 600-an judul.

Namun, agar manfaatnya lebih besar bagi siswa, pihak sekolah selalu melakukan perubahan pada sistem perpustakaan agar semakin optimal hasilnya.

“Kami masih melakukan pendataan buku dan membuat kartu bagi siswa. Kelak, siswa yang meminjam buku akan dimudahkan, tinggal menunjukkan kartu yang sudah ada barcode-nya,” jelas Helmina.

Katalog buku juga berbasis komputerasi. Helmina menambahkan, petugas perpustakaan tidak perlu repot lagi mencari buku yang dibutuhkan siswa. Cukup dengan mencari informasi di komputer, langsung diketahui apakah buku itu dipinjam atau masih berada di rak buku.

Pihak sekolah juga berusaha menciptakan suasana perpustakaan yang nyaman. Kerja sama dengan Perpustakaan Pusat Kota Batu untuk pengadaan buku juga dilaksanakan, membuat sudut baca di setiap ruang kelas, serta diadakan pemilihan Raja dan Ratu Baca bagi siswa yang rajin membaca buku di perpustakaan.

Tak hanya itu, Helmina menjelaskan, sebelum digital library jadi, para siswa sudah digiring untuk lebih giat membaca. Setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, guru meminta siswa menyempatkan diri untuk membaca selama 30 menit.

Buku yang sudah dibaca tidak begitu saja dikembalikan ke rak, karena siswa harus membuat catatan mengenai apa saja yang diketahuinya dari buku itu. “Nah, rangkuman itu melatih memori anak dengan mengingat kembali apa saja yang sudah dibaca sebelumnya,” lajutnya.

Kepala SDN Ngaglik 01, Kota Batu, Yayuk Rahayuningsih, mengatakan, untuk menciptakan budaya mutu perpustakaan tersebut, sekolahnya menggelar beberapa program. Salah satunya budaya membaca senyap setiap Kamis.

Budaya membaca yang rutin dilakukan siswa SDN Ngaglik 01 ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan yang diperlukan saat mempelajari suatu konsep baru di kelas.