Lotion Anti Kanker Itu Ternyata Terbuat dari Kulit Manggis

0
26
Mahasiswa pencipta handbody anti kanker (ist)
Mahasiswa pencipta handbody anti kanker (ist)

MALANGVOICE-Jangan buang sampah kulit manggis. Alih-alih jadi sampah, kulit buah berwarna gelap ini ternyata bisa dimanfaatkan menjadi hand and body lotion anti kanker.

Seperti dilakukan tiga mahasiswa Fakultas Teknik UB, Sofia Afifah, Yuyun Drupadi dan Indra Barani ini.

Hand and body lotion yang diberi nama Azala ini berhasil menyabet penghargaan internasional pada ajang 27th Asian Young Inventors Exhibition (AYIE) 2016 yang digelar di Kuala Lumpur Convention Centre, Malaysia.

Ide menciptakan handbody dari kulit manggis ini didasari pemikiran bahwa kulit manggis memiliki zat anti oksidan yang tinggi.

“Kami memanfaatkan anti oksidan kulit buah mangis untuk menangkal radikal bebas. Bahan ini dapat menghilangkan sel kulit mati dan dikenal sebagai anti kanker,” terang ketua tim, Sofia.

Proses produksi Azala juga memanfaatkan bahan-bahan lokal Indonesia. Selain ekstrak manggis, digunakan bahan penunjang. Seperti ekstrak Aloe Vera alias lidah buaya,  minyak sereh, dan minyak zaitun.

“Sebelumnya manggis dikenal hanya untuk obat yang dikonsumsi melalui mulut. Sekarang kami membuat produk dari manggis untuk proteksi di bagian luar tubuh,” beber mahasiswa asal Sidoarjo itu.