KPP Malang Selatan Kejar Pendapatan Rp 50 Miliar di Akhir Tahun

0
40
Bayu Kaniskha

MALANGVOICE – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Malang Selatan sampai saat ini telah membukukan pendapatan pajak sebesar Rp 420.8 miliar. Pencapaian tersebut telah mendekati target tahun ini yang dipasang Rp 500 miliar. Hingga akhir tahun, kantor pajak yang berlokasi di jalan Merdeka tersebut menargetkan tambahan Rp 50 miliar.

“Sekarang pencapaiannya sudah 74 persen dari target tahun ini. Dengan tambahan Rp 50 miliar sampai akhir tahun, diharapkan target bisa tercapai 83,63 persen,” kata Kepala KPP Malang Selatan, Bayu Kaniskha.

Ia menjelaskan, potensi pajak masih cukup besar yang belum membayar. Ia cukup yakin target Rp 50 miliar bisa tercapai dengan adanya program Tahun Pembinaan Pajak 2015.

Pasalnya, dengan program tersebut, masyarakat bisa membayar pajak tertunda, memperbaiki SPT demi menghindari sanksi yang akan diberlakukan tahun depan.

Bayu melanjutkan, sejumlah faktor mempengaruhi lambatnya pencapaian pajak tahun ini. Perekonomian yang lesu dan realisasi serapan APBD yang lambat membuat pemasukan pajak terkena imbasnya. Selain itu, target pendapatan pajak di tahun ini juga cukup banyak dibandingkan dengan tahun lalu.

“Tahun lalu, pencapaian pendapatan pajak mencapai 90 persen. Secara rupiah berarti Rp 395 miliar. Tahun ini target yang dipasang memang cukup tinggi,” imbuhnya.
Hingga saat ini, sektor yang berkontribusi terhadap pendapatan pajak masih berasal dari industri rokok, perdagangan dan administrasi pemerintahan.