Kendang Sunda John Arif Lengkapi Koleksi MMI

0
108
John Arif 'Kopi Rock' memperagakan permainan kendang sunda di Gedung Kesenian Gajayana, Kota Malang.
John Arif 'Kopi Rock' memperagakan permainan kendang sunda di Gedung Kesenian Gajayana, Kota Malang.

MALANGVOICE – Koleksi Museum Musik Indonesia (MMI) makin lengkap dengan tambahan kendang sunda pemberian John Arif ‘Kopi Rock’. Penyerahan kendang itu berlangsung di Gedung Kesenian Gajayana, Kota Malang, hari ini.

Dalam kesempatan itu, John Arif sempat memeragakan beberapa segmen penabuhan kendang. Ia juga menceritakan sepenggal pengalamannya berkaitan dengan kendang Sunda. Ia mengaku prihatin melihat masyarakat Indonesia makin asing dengan budaya sendiri.

“Di Indonesia orang dengar kendang, gamelan, dan sebagainya, justru dianggap kuno atau ketinggalan zaman,” katanya.

Ia menambahkan, masyarakat harus belajar dari negara asing yang antusias mengamati seni tradisi Nusantara. “Tahun 2010 saya di Eropa ingin nangis melihat banyak orang Eropa ingin belajar gamelan. Begitu juga di Singapore, begitu masuk bandara saya terkejut ada gamelan-gamelan sangat bagus,” urainya.

John sendiri mengaku rela menyumbangkan seperangkat kendang yang dicintainya. Hal ini untuk tambahan khasanah terkait seni tradisi yang mulai digarap MMI.

“Ini kendang-kendang pertama saya. Saya sangat mencintainya tapi saya ikhlaskan untuk MMI. Saya sangat respect pada MMI. Menurut saya untuk kesenian, terutama musik, MMI mulai menghapus sekat antarjenis musik. Ini sangat baik,” pungkasnya.

Pada acara ini yang diselingi talk show ini, hadir pula musisi legendaris, Anto Baret, dan sejumlah seniman kawakan Kota Malang.