Ibu, Pendeteksi Dini Anak Kecanduan Narkoba

0
115
Pemateri dari BNN Batu saat memberikan ulasan mengenai bahaya narkoba (fathul)

MALANGVOICE – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu mengumpulkan ibu-ibu pejabat yang ada di desa dan kecamatan untuk ikut berpartisipasi dalam pencegahan dan penanggulangan narkotika di lingkungannya masing-masing.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kompol Edi Hari K, dalam paparannya banyak membeberkan fakta-fakta yang ada di Indonesia mengenai kondisi anak-anak dan remaja yang mengkonsumsi narkoba.

“Kenapa ibu-ibu yang kami ajak bicara soal penanggulangan narkoba di kalangan anak-anak? Karena ibu-ibu inilah yang sering bertemu dengan anak-anak,” jelas Kompol Edi, di hadapan peserta.

Yang terpenting, lanjutnya, seorang ibu sangat perasa dengan perubahan yang ada pada anak-anaknya. Sehingga ketika seorang anak mengalami perubahan drastis dalam kehidupan sehari-harinya, seorang ibu akan mengetahui dan bisa memberikan pertolongan sejak dini.

“Misalnya biasanya anak pulang sekolah langsung ke rumah, sekarang jadi pulang malam. Yang biasanya rajin bangun pagi, tidak bisa. Biasanya mudah menangkap pelajaran, sekarang beda. Biasanya wajahnya ceria sekarang pucat,” Papar Kompol Edi mengenai perubahan perilaku anak.

Dengan tanggung jawab istri-istri perangkat desa dan kecamatan, tambah Edi, tentunya punya komunitas sesama ibu-ibu yang bisa ditularkan. Misalnya kelompok pengajian, arisan, tahlil, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anak-anak di lingkungan sekitar akan terhindar dari bahaya narkoba.