Dua Rekannya Ditahan, Buruh PT Tobacco Gelar Aksi Solidaritas

0
68
Istri Saiful
Istri Saiful

MALANGVOICE – Puluhan buruh PT Indonesia Tobacco, hari ini, menggelar aksi solidaritas untuk Syaiful dan Li’ayati, dua rekannya yang ditahan karena diduga melakukan penggelapan.

Aksi solidaritas dilakukan di depan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lowokwaru. Dalam aksi itu, hadir pula istri Saiful yang memberi dukungan moral kepada suaminya.

Kuasa hukum keduanya, Abdul Rochman, mengatakan, aksi itu dilakukan, karena penahanan Syaiful dan Li’ayati tidak didasarkan semata-mata karena kesalahan mereka berdua, tapi karena mereka berada di garda depan para buruh yang saat ini tengah menuntut hak.

“Yang harus disadari LP, mereka berdua tidak melakukan itu atas dasar kesalahannya sendiri,” kata Abdul Rohman kepada MVoice.

Abdul Rohman mengaku sudah beberapa kali mengajukan pengalihan penahanan terhadap keduanya. “Tapi kami masih menimbang dari segi hukum yang lain,” tandasnya.

Dijelaskan juga, pada saat sidang, kuasa hukum siap memberikan beberapa bukti kepada majelis hakim yang menunjukkan keduanya tidak bersalah melakukan tindak pidana penggelapan sebagaimana dimaksud.