Anto Baret: Setiap Orang yang Mengawal Budaya Harus Didukung!

0
23
Anto Baret (tiga dari kanan) saat talk show di sela penyerahan kendang Sunda kepada MMI.
Anto Baret (tiga dari kanan) saat talk show di sela penyerahan kendang Sunda kepada MMI.

MALANGVOICE – Musisi kawakan, Anto Baret, mengapresiasi pemberian kendang Sunda milik John Arif ‘Kopi Rock’ kepada Museum Musik Indonesia (MMI) di Gedung Kesenian Gajayana, Kota Malang, hari ini.

Dalam talk show di sela prosesi penyerahan, Anto Baret menegaskan, segala tindakan mengawal budaya lokal harus didukung semua pihak. Sebagai warga Malang, dia kagum bhumi Arema memiliki sosok seperti John Arif yang begitu peduli pada kesenian, utamanya musik tradisi.

Baca juga: Kendang Sunda John Arif Lengkapi Koleksi MMI

“Saya melihatnya, berkesenian itu indah kalau kita mengawal budaya. Saya pikir John Arif sudah menunjukkan, dia mengawal budaya,” tambah pria yang akrab disapa Sam Ot ini.

Dia menjelaskan, musik yang dihasilkan instrumen musik tradisional seperti gamelan, mengandung semua notasi. Anto Baret menyebut, ada ritme yang membuahkan harmoni ketika alunan musik tradisi dibunyikan.

“Kita tahu, unsur bumi yang dihasilkan musik tradisi. Ini luar biasa. Semua notasi bisa masuk,” tandasnya.

Baca juga: MMI Terus Berupaya Kumpulkan Instrumen Musik Tradisi

Karena itu, dia menegaskan, harus ada totalitas dalam mengawal perkembangan musik tradisi sebagai budaya Nusantara. Selain itu, Kota Malang sebagai Kota Pendidikan saat ini juga bisa disebut sebagai Kota Budaya.

“Totalitas ini yang jadi utama. Kalau kita punya saudara yang mengawal kebudayaan, semua wajib mendukung. Saya tidak melihat seni ini dari daerah mana. Semua harus dikawal karena seni itu universal,” pungkasnya.