MMI Terus Berupaya Kumpulkan Instrumen Musik Tradisi

0
44
Pendiri Museum Musik Indonesia (MMI), Hengky Herwanto, secara simbolik menerima kendang Sunda dari John Arif 'Kopi Rock'.

MALANGVOICE – Museum Musik Indonesia (MMI) mengapresiasi kepedulian John Arif ‘Kopi Rock’ pada kesenian, terutama musik tradisi. Pendiri MMI, Hengky Herwanto, amat menyambut baik pemberian kendang Sunda dari John Arif.

Menurut Hengky, langkah ini merupakan bentuk kecintaan John dalam melestarikan musik tradisi. Hal itu sejalan dengan keinginan MMI yang mulai mengumpulkan instrumen musik tradisional.

Baca juga: Kendang Sunda John Arif Lengkapi Koleksi MMI

“Terkait kearifan lokal ini menurut saya sangat perlu diperhatikan. MMI sedikit demi sedikit mulai mengumpulkan instrumen musik tradisi dari berbagai daerah,” ungkapnya.

Saat ini, sejumlah instrumen musik tradisional sudah masuk daftar koleksi MMI, di antaranya sasando, kecapi, sapek, dan lain sebagainya. Hengky menyebut, keberadaan kendang Sunda ini menjadi tambahan yang amat penting bagi eksistensi MMI.

“Tentu saja ini akan kami jaga sebaik-baiknya. Mas John tadi bilang sangat mencintai kendang ini, semoga kendang ini kerasan di MMI,” pungkasnya.