500 Lilin untuk Yuyun, Aksi Solidaritas bagi Korban Kekerasan Seksual

0
53
Pembacaan Puisi (anja)
Pembacaan Puisi (anja)
Doa bersama (anja)
Doa bersama (anja)

MALANGVOICE – Lima ratus lilin untuk Yuyun dengan tema ‘Im With Yuyun’ merupakan aksi solidaritas  yang digelar Komunitas Peduli Malang (ASLI Malang) dan Tim Ambulans secara gratis di Alun-Alun Tugu Kota Malang.

Acara pertama kali diisi pembacaan puisi dari anggota ASLI Malang. Puisi bercerita tentang siswi SMP asal Bengkulu bernama Yuyun yang meregang nyawa karena menjadi korban pemerkosaan keji oleh 14 pemuda.

“Saya hanya ingin sekolah, tapi ketika saya pulang sekolah, saya ditemui dihadang pemuda-pemuda, diantaranya kakak kelas saya. Saya merasa takut karena mereka menyeret saya, mengikat tangan saya dan memperlakukan saya seperti binatang,” salah satu bait puisi yang dibacakan Silvi.

Ayah Apant, koordinator acara dari ASLI Malang, mengatakan, aksi ini sebagai bentuk solidaritas atas tewasnya Yuyun karena kekerasan seksual.

Di lokasi, tokoh masyarakat, Fitria Liza Min Nelly, juga menyatakan keprihatinan atas musibah yang menimpa Yuyun. Ia mengecam perbuatan keji itu.

“Semua itu bisa terjadi karena miras. Ini yang menjadi pokok permasalahan. Sudah saatnya memerangi sumber masalahnya. Video porno juga jadi penyebab. Tidak seharusnya anak-anak menonton video seperti itu. Acara ini sekaligus peringatan kepada orang tua dan pemerintah agar bisa mengantisipasi,” tandas Nelly.

Selain puisi, acara juga diisi dengan doa bersama.