Wow, Mahasiswa Fakultas Teknik UB Kembangkan Go-Kart Bertenaga Listrik

Mahasiswa FT UB perkenalkan E-kart. (Lisdya)
Mahasiswa FT UB perkenalkan E-kart. (Lisdya)

MALANGVOICE – Mahasiswa Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) berhasil kembangkan kendaraan Go-Kart bertenaga listrik yang dinamakan E-Kart.

Perlu diketahui, “Electric Vehicle E-Kart (Electric-Kart) TE UB SEV” ini merupakan prototype kendaraan listrik cerdas pertama dari universitas yang dikembangkan oleh kelompok peneliti.

Peneletian melibatkan dosen Jurusan Teknik Elektro, antara lain, Sholeh Hadi Pramono, Waru Djuriatno, Eka Maulana, Wijono, Fakhry Hario, dan Raden Arief Setyawan dan mahasiswa yakni Bayu Abdi Pamungkas dan Hafidh Hidayat.

BNN Kota Malang

Ketua tim, Bayu Abdi Pamungkas, mengatakan dari segi kecepatan dan bentuknya, E-Kart ini hampir sama dengan Go-kart. Hanya saja, keunggulan terletak pada pengunaan energi listrik sebagai sumbernya tenaga dan masih menggunakan sistem android.

“Masih kami kembangkan lagi untuk hasil yang lebih baik. Ya dikembangkan mulai dari daya baterai, suspensi hingga motornya,” katanya.

Bayu juga menjelaskan keunggulan dari mobil ini, yakni E -kart mampu melaju dengan kecepatan hingga 80 kilometer per jam, dengan jarak tempuh 30 kilometer.

Tak hanya itu, mobil ini juga dibekali baterai 10 Ah (Ampere Hour) dan hanya memerlukan waktu satu jam untuk pengisian baterai.

“Sementara itu, sistem android yang digunakan dalam E-Kart ini berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mobil, serta memundurkan dan indikator baterai,” pungkasnya.(Hmz/Aka)