Wow! Gedhang Nugget Buatan Mahasiswa Ma Chung Raih KMI Award 2017

menerima penghargaan di KMI Award 2017. (Istimewa)
Menerima penghargaan di KMI Award 2017. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Universitas Ma Chung menorehkan prestasi yang membanggakan pada akhir November 2017 yang lalu, dengan menyabet gelar wirausaha terbaik kategori industri makanan dan minuman dalam gelaran Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award 2017 di Pontianak.

Ialah Jeremia Allan, mahasiswa Program Studi Akuntansi berhasil menyisihkan 79 peserta pilihan dari 96 perguruan tinggi di Indonesia. Mengusung produk Gedhang Nugget. Allan terpilih menjadi Juara I karena dalam kurun waktu beberapa bulan dengan modal yang minim, mampu berkembang pesat.

“Selain itu, bisnis tersebut memanfaatkan produk lokal dengan nilai tambah tersendiri yang mampu meyakinkan diri bahwa mereka mampu menghadapi persaingan bisnis serupa,” ujar humas Universitas Ma Chung, Ratna Kristina.

Dalam ekspo tahunan KMI kali ini, setiap perguruan tinggi dapat mendaftarkan dua orang mahasiswanya untuk mengikuti KMI, dan Dirjen Belmawa Kemristekdikti memilih satu mahasiswa untuk masuk dalam pemilihan KMI Award.

Jeremia Allan, pengusaha muda Gedhang Nugget. (Istimewa)
Jeremia Allan, pengusaha muda Gedhang Nugget. (Istimewa)

KMI Award merupakan ajang kompetisi dan apresiasi kepada mahasiswa, dan fokus pada penilaian keunggulan kinerja dan profesionalisme dari wirausaha yang dijalankan. KMI Award kategori Wirausaha Terbaik dibagi ke dalam lima kategori: Industri Makanan dan Minuman, Industri Jasa dan Perdagangan, Industri Teknologi, Industri Kreatif, dan Industri Produksi/Budidaya.

“Ekspo KMI ini bertujuan untuk menjadi forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerja sama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di seluruh Indonesia,” tambah dia.

Program kewirausahaan yang sudah dirintis Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dalam rangka meningkatkan rasio wirausaha Indonesia baru dan untuk menekan angka pengangguran terdidik antara lain Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa (KBMI), Program Belajar Bekerja Terpadu (Co-op), Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K), dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan jiwa kewirausahaan untuk memulai rintisan usaha bisnis, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran serta menambah jiwa wirausaha di Indonesia.

Rangkaian kegiatan tersebut memuncak pada diadakannya kegiatan tahunan Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (Ekspo KMI) yang bertujuan untuk menggelorakan semangat kewirausahaan melalui kompetisi bisnis dari berbagai program kewirausahaan yang telah dilakukan perguruan tinggi.(Der/Ak)