Waspasa Dini Kanker Rahim, Bhayangkari Cabang Malang Kota Adakan Tes IVA dan Sadanis

Pemeriksaan tes IVA dan Sadanis di Polres Malang Kota. (Deny rahmawan)

MALANGVOICE – Kesadaran akan pentingnya kesehatan diri dilakukan pengurus Bhayangkari cabang Malang Kota dengan menggelar pemeriksaan IVA dan Sadanis.

Acara itu dikemas memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-67 di aula Sanika Satyawada, Senin (22/7).

Tes IVA atau Inspeksi Visual Asetat dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) ini ditujukan kepada seluruh anggota Bhayangkari, Polwan dan PNS di lingkungan Polres Malang Kota. Tujuan jelas untuk pencegahan dini penyakit kanker rahim dan payudara.

BNN Kota Malang

Dikatakan Ketua Bhayangkari Cabang Malang Kota, Susi Asfuri, penyakit itu memang menyerang wanita. Karenanya perlu ada kesadaran tentang menjaga kesehatan organ intim.

“Bagi kaum wanita ini penting sekali. Makanya kami mengajak semuanya untuk pencegahan dini,” kata istri Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri.

Acara itu diadakan dengan menggandeng dokter RSUD Kota Malang, dr Agus Suhartono SpoG(K). Ia memberikan sedikit arahan bagaimana mendeteksi kanker rahim serta pencegahannya.

“Deteksi dini itu penting agar ada penanganan cepat saat sudah terkena penyakit tersebut. Karena kebanyakan penanganan itu diketahui sewaktu sudah parah,” kata Agus.

Pemeriksaan serupa ini sudah dilakukan Bhayangkari Cabang Malang Kota selama dua kali. Rencananya kegiatan tersebut akan terus dilakukan setiap tahun. (Der/ulm)