Waspadai Penuaan Pada Usia 25 Tahun, Ini Saran Profesor UB

Brokoli bisa menghambat penuaan. (National Geographic)
Brokoli bisa menghambat penuaan. (National Geographic)

MALANGVOICE – Proses penuaan pada sel tubuh dimulai pada usia 25 tahun. Kapasitas sel otak juga ikut menurun. Pada usia inilah, gaya hidup, pola makan, tingkat stress bisa mempengaruhi cepat dan lambatnya proses penuaan.

Guru besar bidang Biologi Kanker Universitas Brawijaya, Prof Widodo mengatakan, beberapa tanaman herbal bisa memperlambat proses penuaan. Salah satunya adalah sayur brokoli hijau dan daun binahong.

“Keduanya ini punya kandungan anti oksidan yang tinggi. Brokoli bisa dimasak seperti biasa, lalu kalaubinahong bisa digunakan sebagai bahan minuman herbal. Keduanya bisa mencegah peradangan dan penuaan sel-sel tubuh,” kata dia kepada MVoice.

Dia menambahkan, pada usia 25 tahun, sel tubuh mengalami degenarasi, sehingga kemampuannya untuk metabolisme dan pengolahan nutrisi akan menurun. Disarankan mengurangi makanan berlemak dan manis.

Selain itu Widodo menyarankan agar memulai membiasakan melakukan aktivitas kesalihan sosial seperti bersedekah dan membantu sesama atau rutin melaksanakan ibadah.

“Aktivitas kesalihan sosial bisa mengurangi level stress. Sifat hedonisme seperti bersenang-senang, berbelanja, pergi jalan-jalan memang menyenangkan. Tapi masih lebih efektif aktivitas kesalihan sosial,” pungkasnya.
(Der/Ery)
Attachments area