Gegap Gempita Piala Dunia 2018

Wasit Pembukaan Piala Dunia 2018 Ternyata Sempat Cicipi Akting Layar Lebar

Nestor Pitana. (fifa.com)

MALANGVOICE – Nestor Pitana didapuk sebagai pengadil lapangan dalam laga pembuka Piala Dunia 2018 antara tuan rumah Rusia menghadapi Arab Saudi, Kamis (14/6) di Stadion Luzhniki, Moskow. Wasit asal Argentina itu akan dibantu rekan senegaranya, Juan Pablo Bellati dan Hernan Maidana, dengan Sandro Ricci dari Brasil ditunjuk sebagai pejabat keempat.

Bagi Pitana, pesta sepak bola terbesar sedunia kali ini bukan ajang pertama. Pada Piala Dunia 2014 di Brasil silam, pria kelahiran 17 Juni 1975 itu juga berkontribusi mengawasi empat pertandingan, termasuk laga perempatfinal antara Perancis kontra Jerman.

Beragam pertandingan internasional pun telah dipimpinnya sehingga namanya tercatat sebagai salah satu wasit terbaik di Amerika Selatan. Dari 83 laga internasional, sebagaimana dicatat worldreferee.com, Pitana pernah memberikan 17 hadiah penalti, serta ganjaran 21 kartu merah dan 391 kartu kuning.

Di luar lapangan hijau, belum banyak yang tahu bahwa ternyata Pitana sempat mencicipi akting layar lebar. Dia turut berpartisipasi dalam film Argentina berjudul La Furia, yang rilis pada tahun 1997 silam.

Film bergenre action itu disutradarai oleh Juan Bautista Stagnaro dan dibintangi Diego Torres, Luis Brandoni, Laura Novoa, Rubén Stella dan Osvaldo Santoro. Film ini membeberkan berbagai aspek dari sudut pandang berbeda, terkait korupsi dalam kekuasaan dan kecurigaan penyelundupan dan perdagangan narkoba internasional.

Dalam film ini, Pitana berperan selaku sipir penjara. Meski tidak bertindak sebagai tokoh utama, Pitana beberapa kali muncul dalam sejumlah adegan. (Coi/Ery)