Warga Kepanjen Melalui RAPI dan SAR Awangga Kumpulkan Bantuan untuk Lombok

Muspika Kepanjen kirim puluhan paket sembako untuk warga Lombok. (Toski D)
Muspika Kepanjen kirim puluhan paket sembako untuk warga Lombok. (Toski D)

MALANGVOICE – Berbagai bantuan untuk masyarakat Lombok yang tertimpa musibah gempa bumi berkekuatan 7 SR, Minggu (5/8) lalu, terus terkumpul dari banyak pihak. Salah satunya Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan SAR Awangga Kecamatan Kepanjen.

Camat Kepanjen, Abai Saleh mengatakan, bantuan ini terkumpul dari kepedulian masyarakat atas musibah yang terjadi di Lombok hingga memakan puluhan korban jiwa.

Bantuan ini berupa kebutuhan masyarakat sehari-hari di antaranya baju layak pakai, susu dan sembako yang bernilai hampir Rp 20 juta. Seluruh bantuan dikumpulkan jadi satu di posko yang berada di area kantor Kecamatan Kepanjen.

“Bantuan ini akan kami kumpulkan ke Dinas Sosial Kabupaten Malang dan nantinya akan dikirim dengan pesawat Hercules milik TNI AU di Lanud Abd Saleh,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Kepanjen, Kompol Bindriyo, menyampaikan, pengiriman bantuan logistik ke korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah terkumpul selama 3 hari sejak Selasa (7/8) lalu.

“Kami ingin memberikan gambaran betapa solidaritas yang selama ini dibangun di jajaran Muspika Kepanjen untuk saling bersinergi untuk saling peduli terhadap saudara kita yang mengalami bencana,” ulasnya.

Selain itu, Danramil 0818/05 Kepanjen, Kapten Arm. Supiyarto, menambahkan, selain bantuan ini, pihak Muspika juga akan memberangkatkan 6 relawan kemanusiaan yang tergabung dalam SAR Awangga Kecamatan Kepanjen.

“Rencananya para relawan ini akan berangkat ke Lombok pada tanggal 17 Agustus nanti dengan menggunakan pesawat Hercules dari Lanud Abd Saleh,” pungkasnya.(Der/Aka)