05 February 2023
05 February 2023
21.6 C
Malang
ad space

Wali Kota Malang: Olahraga Alat Pemersatu Bangsa!

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, H Moch Anton, menekankan pentingnya olahraga sebagai alat pemersatu bangsa. Pesan tersebut disampaikan saat memimpin upacara Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017 di Stadion Gajayana, Kamis (28/9).

Anton menjelaskan, olahraga tidak sekadar sarana menyehatkan jasmani. Lebih dari itu, Olahraga adalah pemersatu, karena tidak melihat perbedaan suku, agama, dan ras.

Karena itu, lanjut Anton, tema Haornas tahun ini yaitu ‘Olahraga Menyatukan Kita’ amatlah tepat. Menurutnya, dalam era kehidupan modern, olahraga telah menjadi tuntutan dan kebutuhan hidup agar manusia dapat mempertahankan eksistensinya.

“Eksistensi itu adalah hidup dengan jasmani yang sehat dan terhindar dari berbagai gangguan atau disfungsi sebagai akibat dari kekurangan gerak,” paparnya.

Melalui olahraga yang sistematis pula, masih kata Anton, kualitas sumber daya manusia dapat diarahkan pada peningkatan pengendalian diri, tanggung jawab, disiplin sportivitas yang tinggi yang mengandung nilai dalam kehidupan.

Ia menambahkan, berdasrkan beberapa faktor penting yang terkandung dalam olahraga baik itu secara jasmani maupun mentalitas, maka akan mengerucut pada terciptanya peningkatan prestasi. Hal ini dapat membangkitkan kebanggaan nasional dan ketahanan nasional secara menyeluruh.

“Prestasi inilah poin dimana olahraga mampu menjadi alat pemersatu bangsa. Momen Haornas ini harus menjadi titik tolak untuk menumbuh kembangkan olahraga di dalam masyarakat,” pungkasnya.(Coi/Yei)

Berita Terkini

Arikel Terkait