Vaksinasi Tahap Dua Rencananya Tak Lagi Gunakan Sinovac

Vaksin Sinovac yang digunakan pada vaksinasi tahap satu, ditunjukkan petugas vaksinator, (MG2).
Article top ad

MALANGVOICE – Vaksinasi Tahap dua bagi petugas pelayanan publik dan lansia rencananya akan menggunakan vaksin buatan Bio Farma sebagai pengganti vaksin Sinovac yang sebelumnya digunakan pada tahap satu.

Hal tersebut juga dibenarkan Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Malang, dr Husnul Muarif untuk Kota Malang tahap kedua bakal menggunakan produksi Bio Farma yang diberi nama vaksin covid-19.

Sebenarnya, untuk vaksin Sinovac ini dikatakan tidak ada perbedaan yang cukup signifikan, sebab bahan dasar yang digunakan kedua vaksin ini bisa dibilang sama.

“Perbedaanya mungkin hanya dari prosesnya saja. Kalau yang pertama kan langsung dari China dalam bentuk vaksin. Kemudian yang kedua ini adalah bahan dasarnya saja kemudian diolah, oleh Bio Farma,” ungkapnya saat diwawancarai awak media melalui sambungan telpon.

Dari situ, Husnul menegaskan dalam pembuatan vaksin covid-19 ini diklaim tidak ada tambahan kandungan, masih sama dengan vaksin Sinovac.

“Enggak, jadi dari bahan dasar vaksin dari Tiongkok itu kemudian bagaimana pengolahannya saya kurang tahu, cuman dari bahan dasar itu diolah diproses menjadi vaksin,” ujarnya.

Sementara itu jika dilihat untuk efikasi vaksin Sinovac yang digunakan di tahap satu sudah sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan World Health Organization (WHO) diatas 50 persen, sebesar 65,3 persen.

Sebagai informasi, untuk persiapan vaksinasi tahap dua di Kota Malang, kini sedang dalam tahap pengumpulan data dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu di bagian Petugas pelayanan publik.(der)