Vaksinasi Covid-19 Kota Malang Dijadwalkan Februari

Ketua PB PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi saat disuntik vaksin di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (13/1). (Foto: Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Program vaksinasi COVID-19 di Kota Malang batal dilakukan pada Januari 2021. Hal itu setelah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI membuat kebijakan bahwa vaksinasi di daerah akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan prioritasnya.

Sehingga, vaksinasi di kota pendidikan ini dijadwalkan akan dilakukan pada Februari 2021 setelah vaksinasi di tiga daerah prioritas di Jawa Timur, yaitu Surabaya, Sidoarjo dan Gresik selesai dilakukan.

”Sesuai dengan surat dari Kemenkes dan telah disampaikan oleh Provinsi. Jadi, vaksinasi di Kota Malang dilakukan pada Februari 2021. Tahap pertama, termin kedua,” kata Plt Kadinkes Kota Malang, Sri Winarni kepada wartawan melalui sambungan telepon.

Dia menyampaikan untuk proses vaksinasi akan dilakukan di 76 tempat yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Malang. Sebanyak 76 tempat itu merupakan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) seperti rumah sakit, klinik kesehatan hingga Puskesmas.

”Vaksinasi di Kota Malang akan dilakukan di 76 fasilitas layanan kesehatan. Itu semuanya, tempat yang sudah diinput di apikasi,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah pusat sudah melaksanakan vaksinasi gelombang pertama secara simbolis di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu, 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin CoronaVac buatan Sinovac, Biotech, Beijing itu.

Sedangkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) sudah melaksanakan vaksinasi pada hari ini, Kamis, 14 Januari 2021. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menjadi orang pertama yang disuntik vaksin.

Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan di tiga daerah prioritas di Jawa Timur yaitu Surabaya, Sidoarjo dan Gresik pada Jum’at, 15 Januari 2021. Baru kemudian akan dilanjutkan secara bertahap di daerah-daerah lainnya di Jawa Timur.(der)