USAID Rekomendasikan untuk Perwali dan Redistribusi Guru

Tim USAID Prioritas Jatim saat presentasi dihadapan Dindik Kota Batu (fathul/malangvoice)
Article top ad

MALANGVOICE – USAID Prioritas Jatim merekomendasikan 8 hal kepada Pemkot Batu dalam rangka pemerataan guru.

”Pertama kita rekomendasikan dengan penyusunan Perwali tentang pemetaan, penataan, dan pemindahan guru PNS serta penataan kelembagaan satuan pendidikan, draftnya sudah kita susun kok,” kata peneliti USAID Prioritas Jatim, M. Adri Budi S.

Adri Budi dan timnya juga sudah menyusun draft Perwali tentang pemerataan dan periodesasi jabatan kepala sekolah dalam rangka menyikapi beberapa yang sudah menjabat terlalu lama.

Ia menambahkan, sebanyak 164 guru honor daerah dan guru tidak tetap yang diberikan SK oleh Dinas Pendidikan Kota Batu juga perlu diredistribusi, dalam arti penataan dan pemerataan. Termasuk menarik guru PNS yang diperbantukan di sekolah swasta.

“Rekomendasi berikutnya adalah alih fungsi profesi guru, dari fungsional ke fungsional khusus pendidikan dan program SKKT (Sarjana Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan), menerima mutasi dari luar daerah, dan rekrutmen guru PNS,” tandas Adri.

Ia berharap agar rekomendasi tersebut dapat menjadi solusi terkait isu strategis kelebihan dan kekurangan guru di Kota Batu, sehingga guru merata dan kualitas pendidikan jugs menyebar.-