ASN Pemkot Malang Tes Urine

Usai Apel Pagi, Ratusan Pejabat Pemkot Mendadak Jalani Tes Urine

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Malang menjalani tes urine. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Ratusan pejabat di lingkungan Pemkot Malang menjalani tes urine, Senin (25/9). Tes ini dilakukan mendadak, sesaat setelah apel pagi di Balai Kota Malang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang, Anita Sukmawati, merinci, total pejabat yang menjalani tes urine sekitar 900 orang. “Hanya pejabat struktural saja, meliputi eselon II, III, dan IV, yang staf tidak ikut,” ungkapnya kepada awak media.

Momentum yang digeber atas kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) ini sengaja berlangsung mendadak. Sebelumnya, tidak ada pengumuman apa pun terkait rencana tes urine.

“Memang harus begitu, kalau tidak mendadak kan bisa mangkir. Tes ini juga diikuti kepala dinas,” ungkap mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang ini.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Malang, HM Anton, juga turut menjalani tes. Tindakan Anton ini berlangsung spontan, meski nama orang nomor satu di Kota Malang itu sebenarnya tidak tercantum dalam daftar peserta tes urine.

“Atas nama Kepala Daerah, saya juga mengikuti agar jadi contoh para ASN. Ini sangat bagus sekali kerjasama dengan BNN. Saya bahkan awalnya tidak tahu, kok ada ramai-ramai, akhirnya saya ikut,” pungkasnya.(Coi/Yei)