Usaha Tutup Selama Ramadan, Begini Cara Lapor ke BP2D

Suasana pelayanan di Kantor BP2D Kota Malang. (Istimewa)
Suasana pelayanan di Kantor BP2D Kota Malang. (Istimewa)

MALANGVOICE – Wajib Pajak (WP) diimbau menyampaikan laporan jika menutup usahanya selama Ramadan. Hal ini berkaitan dengan kewajiban terkait perpajakan daerah.

Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, Ir H Ade Herawanto MT, menegaskan, jika tidak melapor, penghitungan tetap dilakukan berdasarkan masa pajak berjalan. Dalam hal ini, BP2D Kota Malang telah membuka layanan terkait pelaporan tersebut.

WP bisa melapor melalui surat atau datang langsung ke Kantor BP2D di Gedung B Kantor Terpadu Pemkot Malang, kawasan Jalan Mayjend Sungkono, Kedungkandang. Selanjutnya, WP membuat pengajuan berupa pemberitahuan tutup sementara yang nantinya segera diproses oleh petugas BP2D.

“Khusus untuk pengajuan pemberitahuan tutup ini memang harus melalui surat atau datang langsung ke kantor BP2D,” kata Sam Ade d’Kross, sapaan akrabnya.

Sementara itu, BP2D Kota Malang tidak mengendorkan layanan meski para petugasnya menjalankan ibadah puasa demi kenyamanan masyarakat. Apalagi, saat ini masyarakat kian dipermudah dengan beragam inovasi.

“Untuk pelaporan rutin, WP sudah bisa mengakses lewat aplikasi Sampade yang baru saja kami launching Senin (21/5) lalu,” pungkasnya.(Coi/Aka)