Urai Kemacetan Saat Lebaran, Satlantas Polres Batu Luncurkan Lima Jalur Alternatif

Peta jalur alternatif Kota Wisata Batu yang dikeluarkan Satlantas Polres Batu (Istimewa)

MALANGVOICE – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batu telah meluncurkan peta jalur alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Ini merupakan upaya guna mengantisipasi kemacetan saat libur lebaran mendatang.

Pasalnya, diprediksi jumlah wisatawan bakal meningkat drastis setelah diresmikannya tol Malang-Pandaan.

Kasat Lantas Polres Batu, AKP Dyana Suci Listyawati memaparkan ada lima jalur alternatif dengan warna yang berbeda yakni warna biru, merah, hijau, ungu, dan biru muda.

BNN Kota Malang

“Ya, adanya peta alternatif ini agar diketahui oleh wisatawan yang hendak berkunjung ke Kota Batu,” ujarnya.

“Jadi, mereka bisa mempelajari jalur-jalur tersebut sebelum ke Kota Batu. Serta untuk mempermudah wisatawan melewati jalur yang ingin ditempuh. Sehingga saat libur Lebaran mendatang nanti wisatawan bisa lebih nyaman,” sambungnya.

Diketahui dari lima jalur alternatif tersebut dengan rincian untuk jalur biru yakni jalur yang bisa digunakan masuk dan keluar Kota Batu melalui Karangploso – Desa Giripurno – Desa Pandanrejo – Simpang Tiga Bendo – Alun Alun Kota Batu, Jl Panglima Sudirman – Jalan Trunojoyo – Pujon – Jombang/Kediri.

Jalur ini direkomendasikan untuk pemudik atau wisatawan dari arah Surabaya yang hendak menuju ke Jombang/Kediri atau langsung ke Alun-Alun Kota Batu. Begitu juga sebaliknya dari arah Jombang/Kediri yang hendak ke daerah Karangploso atau Lawang bisa menggunakan jalur ini.

Selanjutnya, jalur alternatif merah yang merupakan jalur keluar dari jantung Kota Batu melalui Jl Wukir Kelurahan Temas, melalui jalur alternatif Desa Torongrejo dan keluar di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo.

Kemudian untuk jalur hijau adalah jalur masuk menuju Kota Batu melalui Kelurahan Dadaprejo – Desa Tlekung – Desa Oro Oro Ombo – Jl Agus Salim – Jl Suropati – Jl Trunojoyo – Kelurahan Songgokerto.

Sementara, jalur alternatif biru muda yang melalui daerah Mojokerto bisa melalui Cangar Desa Sumber Brantas – Desa Tulungrejo – Desa Sidomulyo – Simpang Tiga Bendo – Jl Bromo Semeru – Alun Alun Batu.

Terakhir, jalur warna ungu, jalur ini menggunakan jalan raya Soekarno (Dadaprejo) masuk melalui Buk Anyar – Jl Hasanudin Desa Junrejo – Desa Oro Oro Ombo – Jl Agus Salim – Jl Sultan Agung.

Sedangkan dari lima jalur tersebut, hanya dua jalur yang bisa dilewati roda enam ke atas. Yakni jalur biru Kecamatan Karangploso dan jalur biru muda Jalan Bromo Semeru. (Hmz/ulm)