Unikama Dirikan Pusat Bisnis dan Kewirausahaan untuk Mahasiswa Mandiri

Wali Kota Malang, Sutiaji saat menandatangani prasasti peresmian Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Unikama. (Istimewa).
Article top ad

MALANGVOICE – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kini memiliki unit Pusat Bisnis dan Kewirausahaan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa berwirausaha. Tempat itu diresmikan langsung Wali Kota Malang, Sutiaji.

Di kesempatan ini, Sutiaji menyampaikan, pembukaan unit baru ini diharapkan dapat menciptakan peluang usaha sendiri bagi mahasiswa secara bertahap. Sesuai dengan konsep Smart City yang mengusung Revolusi Industri 4.0.

“Diharapkan adik-adik mahasiswa yang yang menggali ilmu pengetahuan di perguruan tinggi dapat juga menghadirkan keterampilan. Kampus tidak sekadar menjadi wacana pikiran saja, tapi juga karya,” ungkapnya, saat ekan meresmikan unit Pusat Bisnis dan Kewirausahaan, di Unikama, Rabu (20/3).

Sutiaji menjelaskan, saat ini pengangguran di Kota Malang sangat tinggi. Hal ini jelas menjadi ancaman bagi Indonesia yang memiliki potensi bonus demografi. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah menyiapkan dana Rp 185 miliar untuk membangun rumah kreatif.

“Pembangunan Rumah kreatif ini akan kami akan dibangun pada 2020 mendatang. Nantinya semua orang bisa menggunakannya, termasuk mahasiswa. Mahasiswa itu harus memiliki pemikiran ke arah sana, jangan pinya pikirkan jadi pegawai tapi kita pikirkan mempekerjakan orang banyak,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unikama, Pieter Sahertian berharap Pusat Bisnis dan Kewirausahaan dapat melatih mahasiswa dengan didampingi, dan dibina sampai mandiri.

“Saat ini ada mata kuliah kewirausahaan. Sehingga nantinya tidak sekadar mengharapkan menjadi pegawai dari orang lain. Tapi mereka menciptakan pekerjaan sendiri. Bahkan, kami juga memikirkan bagaimana memodali. Suatu saat jika berhasil dan berkembang kemudian nanti bagaimana caranya mengembalikan ke kampus,” ulasnya. (Der/Ulm)