Hardiknas 2018

UMM Terima Siswa SD Belajar Kuliah dan Langsung Diwisuda

Upacara dihadiri siswa SD. (Istimewa)
Upacara dihadiri siswa SD. (Istimewa)

MALANGVOICE – Peringatan Hardiknas 2018, dirayakan ratusan siswa SD dengan menjadi mahasiswa.

Mengusung tema Penguatan Karakter dan Kebudayaan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengemas sebuah pengalaman belajar dalam bentuk eksplorasi kampus.

Seluruh peserta awalnya diajak mengikuti upacara peringatan Hardiknas bersama seluruh civitas akademika UMM. Pada momen ini, setiap perwakilan sekolah mendapat kesempatan untuk dipakaikan toga oleh Rektor UMM, Drs Fauzan.

Kegiatan eksplorasi lab. (Istimewa)
Kegiatan eksplorasi lab. (Istimewa)

Mereka lalu berkunjung ke beberapa laboratorium yang ada di UMM dan merasakan pengalaman diajar profesor.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Sidik Sunaryo, pada pembukaan upacara menyampaikan bahwa ia berharap, acara ini dapat memberikan semangat kepada anak-anak untuk terus melanjutkan pendidikan hingga tingkat tertinggi. Ia pun mengapresiasi semangat para siswa yang datang ke UMM.

“Saya ucapkan selamat kepada adik-adik SD yang hari ini turut serta merayakan Hardiknas di Kampus Putih,” ucapnya.

Salah seorang guru pendamping dari SD Kristen Petra Feri Ferdiansyah mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini. Baginya UMM merupakan kampus yang sangat menjunjung tinggi makna perbedaan kebudayaan sesuai dengan semangat perayaan Hardiknas 2018.

“Saya sebagai perwakilan dari sekolah non-muslim sangat senang dan mengapresiasi kegiatan ini. Ini merupakan bukti nyata bahwa UMM sangat menjunjung tinggi perbedaan,” katanya.

Menjelang tengah hari, acara ditutup dengan gelaran wisuda bagi seluruh siswa-siswi sekolah dasar. Setiap siswa disematkan gordon layaknya wisudawan universitas sebagai tanda mereka telah lulus kuliah satu hari di UMM.(Der/Aka)