UM Kembali Terpilih LPDP untuk Program Afirmasi

Wakil Rektor 4 UM, Ibrahim Bafadal. (Lisdya)

MALANGVOICE – Universitas Negeri Malang (UM) tahun ini kembali dipercaya Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan untuk menjadi program pelatihan pengayaan afirmasi.

Program ini berkegiatan kursus Bahasa Inggris untuk memperdalam TOEFL bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi.

“Tahun ini, sudah empat kali UM diberikan amanah oleh LPDP. Mereka yang kurang bahasa Inggris nya dikirim di sini,” kata Wakil Rektor 4 UM, Ibrahim Bafadal saat press konferensi di UM, Jumat (25/1).

BNN Kota Malang

Ibrahim menjelaskan, tujuan program ini adalah agar para mahasiswa yang memiliki potensi dapat melanjutkan pendidikannya hingga semampunya.

“Jangan sampai hanya S1 tapi terus sampai semampunya. Hanya saja, untuk masuk ke sana ada persyaratan, misalkan skor TOEFL harus mencapai 450 atau 500 bahkan ada yang mensyaratkan 550,” paparnya.

Untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris bagi penerima beasiswa, dikatakan Ibrahim, LPDP mengadakan program pengayaan Bahasa Inggris dalam dua kategori, yakni kategori tiga bulan dan enam bulan.

Adapun mahasiswa yang tergabung dalam program ini bukan hanya mahasiswa yang diterima di UM saja, akan tetapi dari universitas lain di seluruh Indonesia.

“Yang jelas banyak dan tersebar di seluruh perguruan tinggi, ada yang ke UNESA, UNAIR, UIN Surabaya,” pungkasnya.

Namun dari 45 peserta yang terdaftar, mayoritas adalah mahasiswa yang diterima di UM, yaitu sebanyak 14 orang. Sementara 31 lainnya adalah mahasiswa dari perguruan tinggi dalam negeri. (Der/Ulm)