Uji Kualitas Pengaspalan, DPUPR: Tindak Tegas Rekanan yang Tidak Sesuai

Petugas DPUPR Kota Malang pengecekan kualitas pengaspalan di Jalan Ir Rais. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang melakukan uji ketebalan aspal (CORE) setelah pekerjaan selesai di jalan Ir. Rais dan Brigjen Katamso, Senin malam (27/5). Pengujian aspal jalan di beberapa titik jalan di Kota Malang adalah sebagai sampel (contoh) untuk uji kualitas dan kuantitas aspal.

Tujuan dari pengujian core drill untuk menentukan atau mengambil sampel perkerasan jalan sehingga bisa diketahui tebal perkerasannya serta mengetahui karakteristik campuran perkerasan. Pemeriksaan ini jug dilakukan untuk mengetahui secara detail contoh di lapangan sehingga dapat dikenal tebal perkerasanya dan mengetahui karakteristik aspal.

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Malang Didik Setyanto menjelaskan, aspal yang diuji kualitasnya ini merupakan proyek jalan tahun 2019.

“Jadi uji kualitas aspal akan diambil sampelnya setiap 50 meter. Kita gunakan alat bor untuk melakukan pengeboran dan pengecekan kualitas aspal jalan,” ujarnya melalui keterangan tertulis diterima MVoice.

Ia melanjutkan, pengujian kualitas dan kuantitas jalan akan dilihat dari kualitas material jalan, ketebalan, uji ekstrasi, dan kontur aspalnya.

“Semua proyek pengaspalan jalan dengan beton atau HOTMIX yang dilakukan DPUPR di Kota Malang, satu persatu akan dicek secara bergiliran, kalau tidak sesuai maka rekanan yang mengerjakanya akan kami tindak tegas dan harus memperbaikinya,” pungkasnya.(Der/Aka)