Training Camp Jacksen F. Tiago, Beri Pendidikan Karakter Pemain Remaja

Training camp Jacksen F Tiago. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Pelatih Persipura Jacksen F. Thiago gelar training camp di Kota Batu. Tepatnya di Lapangan Sepak Bola Kusuma Agrowisata, Kecamatan Batu, Kota Batu sejak 6 Desember hingga 12 Desember kedepan.

Adalah Training Camp Jacksen Tiago nama pelatihan itu yang diadakan khusus untuk remaja usia 10-15 tahun. Tidak hanya melatih sepak bola, namun pendidikan karakter di sini juga diutamakan.

“Kami tidak hanya melatih sepak bola, tapi juga melakukan pembentukan karakter,” ujar Jacksen F. Tiago. Ia mengatakan bahwa karakter yang baik perlu dimiliki oleh pemain sepak bola.

Pasalnya, dengan karakter yang baik dan wawasan yang luas pemain sepak bola bisa bermanfaat bagi sesama di luar ia menjadi pemain. Dalam traning camp itu para remaja diajari bahasa inggris, ikut petani menanam, hingga me-recycle botol minuman.

“Kami melakukan itu agar anak-anak bisa belajar dari mana saja dan tidak berpikir bahwa sepak bola adalah satu-satunya dunia,” bebernya. Ia mengatakan remaja yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola harus mempunyai wawasan luas dan keterampilan lain.

Pasalnya banyak remaja yang banyak berkorban untuk menjadi pemain sepak bola namun gagal. Tapi karena tidak punya opsi lain, maka ia setelah gagal bingung mau kemana.

“Jadi kami jelaskan dari awal bahwa dunia tidak sempit, tidak hanya sepak bola saja,” jelasnya. Ditambah lagi Jacksen mengatakan bahwa jika pemain sepak bola memiliki karakter yang baik ia bisa menjadi panutan.

“Karena yang sebenarnya ditiru itu manusianya, seberapa bermanfaat ia bagi masyarakat banyak,” tambahnya. Ia mengatakan bahwa pemain sepak bola masih kurang berkontribusi dalam permasalah sosial hingga lingkungan.

Maka dari itu pihaknya mengajari calon pemain sepak bola itu menanam pohon hingga recycle botol minuman bekas. “Itu kami lakukan agar anak-anak memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup,” tandasnya.

Namun bukan berarti pelatihan ini mengesampingkan sisi pelatihan sepak bolanya. Demi mematangkan kemampuan anak-anak remaja itu dalam skill sepak bola didatangkan oelatih fisik Persipura, Pelatih kiper Persipura, Asisten Pelatih Persipura, Tim Analisis Persipura, hingga Fissioterapi Persipura.(der)