Tips mendaki gunung bagi pemula

Mendaki bukan hal sepele, perlu banyak persiapan untuk melakukannya.

MALANGVOICE – Wah di Malang seru ya! Banyak sekali tempat tujuan wisata seru. Untuk wisata pendakian misalnya, gunung Bromo, Semeru, dan Arjuna. Tentu saja ketiganya mrnyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan membuat para pendaki ketagihan untuk balik setiap tahunnya.

Nah, bagaimana dengan anda? Meskipun terhitung baru pemula dalam soal pendakian, tentunya semangat dan motivasi anda untuk mencoba wisata ini harus tinggi. Proses pendakian memakan waktu yang panjang dan menghadapkan anda pada medan berat yang harus didukung dengan kekuatan fisik. Anda siap? Tenang saja, berikut tips bagi pendaki pemula seperti anda.

1. Pelajari lokasi gunung
Tiap gunung memiliki tipe jalur, dan kondisi geografis yang berbeda, oleh karena itu anda perlu mempelajari kondisi dan ketaj gunung yang anda daki. Banyak sumber di internet yang menyediakan informasi tentang medan gunung tertentu. Anda juga bisa bertanya ke pendaki yang lebih berpengalaman. Jadi, anda akan lebih siap dalam mempersiapkan fisik, logistik, dan stamina yang tepat.

BNN Kota Malang

2. Olahraga dulu
Jangan anggap naik gunung itu pekerjaan yang enteng. Jangan salah, karena persiapan fisik yang kurang dapat membuat anda cedera dan kelelahan di perjalanan. Beberapa minggu sebelum perjalaman, sebaiknya anda berolahraga teratur seperti jogging dan angkat barbel misalnya. Jogging membantu anda melatih stamina dan kekuatan jantung anda. Sedangkan angkat beban dan latihan otot akan meningkatkan kekuatan anda untuk mrmbawa logistik ke gunung. Jangan lupa untuk menyeimbangkan waktu istirahat, agar anda juga tidak kelelahan sebelum proses pendakian.

3. Sediakan peralatan dengan cermat
Peralatan wajib dan standar yang wajib dibawa pendaki adalah, tas carrier, sepatu hiking, jaket, pisai lipat, jas hujan, alat masak portabel, senter, pisau lipat, kompas, peluit, dan P3K. Jika anda ingin ber-camping di gunung, siapkan juga matras dan tenda.

4. Ketahui perbekalan logistik
Perbekalan memegang peranan sangat penting dalam pendakian. Siapkan perbekalan makanan anda secukipnya supaya tidak kekurangan dan tidak sia-sia membuang makanan lebih. Bawa mie, beras, dan kornet, atau biskuit untuk tambahan energi ketika anda berjalan.

5. Mendaftar di pos perijinan
Beberapa gunung memiliki pos perijinan. Jangan pernah melewati tempat ini. Anda akan diminta petugas untuk mengisi data diri, logistik, lama perjalanan, dan jumlah orang yang ikut bersama anda. Petugas di pos inilah yang akan membantu anda nanti.

6. Jaga gadget seperti kamera dan handphone baik-baik
Sebelum naik gunung, kabari orang tua dan saudara dekat. Agar baterai tidak boros, gulung handphone anda dengan syal agar tetap hangat. Udara dingin ternyata menguras baterai handphone. Masukkan handphone dan kamera kedalam kantong khusus agar tidak terkena rembesan air.

7. Berdoa dan bertindak sopan
Biasakan berdoa terlebih dahulu. Usahakan untuk saling mengingatkan bila tim anda ada yang bertindak berlebihan atau bicara kasar.

8. Ingat prinsip pecinta alam
Inilah prinsip yang harus anda pegang teguh.
“Take nothingn but picture, leave nothing but footprints, and kill nothing but time”
Tidak mengambil apapun selain foto. Tidak meninggalkan apapun selain jejak kaki, dan tidak membunuh apapun selain waktu.

Selamat mendaki!