Tingkatkan Pemasaran Produk UMKM, Google Maksimalkan Gapura Digital

Operations Manager Gapura Digital, Imas Handayani saat presentasikan gapura digital. (Lisdya)
Operations Manager Gapura Digital, Imas Handayani saat presentasikan gapura digital. (Lisdya)

MALANGVOICE – Google memiliki program gapura digital untuk membantu para pelaku UMKM memasarkan produknya di internet.

Operations Manager Gapura Digital, Imas Handayani mengatakan dengan melalui gapura digital ini pelaku UMKM dapat menaikan omsetnya.

“Dalam program ini, google akan memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM agar dapat memaksimalkan strategi pemasarannya di internet,” katanya kepada awak media di Dapur Kota, Kamis (25/10).

BNN Kota Malang

Imas pun menjelaskan beberapa kelas yang terdapat di gapura digital antara lain “Siap Digital” untuk pelatihan dasar bisnis digital, “Handal Digital” untuk pelatihan berbagai topik yang mendalam. “Kelas Berbagi” yaitu kelas khusus dari Google untuk berbagi bersama, dan “Kelas Womenwill” kelas khusus untuk pengusaha wanita.

“Banyak materi yang diberikan kepada pelaku UMKM dan pelatihan ini juga gratis,” tambahnya.

Lebih lanjut, materi yang diberikan tersebut seperti membuat portal website yang baik, menggunakan fitur Google Bisnisku untuk menempatkan lokasi toko di Google Maps, hingga pengenalan SEO dan SEM untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

“Bisnis yang didukung dengan kehadiran online mengalami peningkatan revenue 80 persen lebih cepat daripada offline,” tandasnya.

Perlu diketahui, Kota Malang terpilih menjadi salah satu kota di Indonesia dikarenakan potensial pelaku UMKM yang terus berkembang.(Hmz/Aka)